Setengah Tahun, Kerugian Kebakaran Tiga Miliar

MUARA BUNGO, TRIBUN - Tahun 2015 sudah sampai pada pertengahan bulan kelima. Sejauh ini, angka kasus kebakaran di

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin

MUARA BUNGO, TRIBUN - Tahun 2015 sudah sampai pada pertengahan bulan kelima. Sejauh ini, angka kasus kebakaran di Kabupaten Bungo masih terbilang rendah.

Merujuk data Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Pemadam Kebakaran (Damkar) Bungo, angka kebakaran sebanyak 30 kasus. Dimana yang pertama terjadi pada 3 Januari, dan terakhir 29 April lalu.

Sejauh ini, kebakaran bangunan masih paling dominan. Dimana angka kebakaran bangunan di Bungo sepanjang 2015 sudah terjadi sebanyak 20 kasus.

"Bangunan. Ya, kebakaran bangunan yang paling banyak terjadi," ujar Kepala UPTB Damkar, Arpan Tuyani, menjawab Tribun, Jumat (15/5).

Dari sisi jenis bangunannya, adalah rumah atau hunian paling banyak. Baik itu berupa rumah pribadi, rumah sewa atau bedeng, kios/toko, kantor, tempat hiburan, dan bangsal batako.

Selain bangunan, tujuh lainnya adalah kebakaran lahan. Dimana sebagian besar dari angka kebakaran lahan, adalah berupa lahan kosong dan lahan kebun milik masyarakat.

Sementara tiga terakhir adalah sangat kaitannya dengan listrik. Yakni berupa dua kali kebakaran di gardu PLN, dan satu kali terbakar trafo listrik.

"Yang patut jadi catatan penting adalah banyaknya kebakaran yang disebabkan listrik. Yakni 13 kasus. Itu menunjukkan betapa sangat rawannya konsleting dan arus pendek listrik. Makanya kita selalu himbau masyarakat agar waspada," ujar Arpan lagi.

Hasilnya, angka kerugian materil juga cukup besar. Keseluruhannya mencapai nominal lebih dari tiga miliar.

Meski angka kebakaran terbilang rendah, Arpan mengatakan masyarakat wajib lebih waspada. Karena hingga kini belum bertemu dengan musim panas yang diperkirakan bakal terjadi per Agustus nanti.

"Puncaknya nanti di Agustus. Tahun lalu, di Agustus saja ada 32 kejadian. Jadi kami himbau warga agar terus meningkatkan kewaspadaan," ujar Arpan lagi. (lis)

Penulis: muhlisin
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved