Editorial

Fenomena Pencari Kerja di Balik Penerimaan PPK

Editor: Deddy Rachmawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pendaftar PPK dan PPS di KPU Muaro Jambi Membludak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah kini tengah melakukan proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Para PPK inilah yang nantinya yang akan menyelenggarakan pemilihan umum berbagai jenjang di tingkat kecamatan.

Sejak dibuka pada 20 November lalu, hingga kini proses rekrtumen tersebut masih berjalan.  Jumlah PPK satu daerah dengan daerah lain tentu berbeda.

Tapi menyimak pemberitaan mengenai proses penerimaan PPK ini, ada kesamaan yang terjadi di setiap daerah. Peserta membeludak.

Ya, begitu banyak pendaftar sementara kuota yang ada jauh lebih sedikit. Ambil contoh di Kabupaten Merangin. Hingga kemarin sudah ada 700 pendaftar. Padahal kuotanya hanya 120 orang. Di Kabupaten Tebo, setidaknya lebih dari 300 orang sudah mendaftar.

Demikian pula di Tanjung Jabung Timur, ratusan peminat mendaftar sementara yang dibutuhkan hanya 55 orang.  Jumlah pelamar ini diyakini bakal bertambah hingga hari akhir pendaftaran, 29 November nanti.

Banyaknya jumlah pelamar ini setidaknya menyiratkan bahwa jumlah pencari kerja di Provinsi Jambi tidak sedikit.

Mengutip Jambi Dalam Angka 2022 yang dikeluarkan oleh BPS Provinsi Jambi, jumlah angkatan kerja di Provinsi Jambi per Agustus 2021, mencapai 1.840.594 orang. Itu terdiri dari 1.746.840 orang bekerja dan 93.754 orang pengangguran terbuka.

Angka ini tentu bisa berubah. Walakin setidaknya bisa menjadi gambaran bahwa, ketersediaan lapangan pekerjaan menjadi pekerjaan pemerintah, pusat hingga  daerah.

PPK yang merupakan penyelenggara pemilu bukan pekerjaan sembarangan. Perlu integritas dan talenta dari orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Mereka harus steril dari keterlibatan, keberpihakan terhadap partai politik.

Semoga saja seleksi PPK ini benar-benar profesional, terbuka dan akuntabel. Bersih dari titipan, jujur. Termasuk tidak mengabaikaqn keterlibatan keterwakilan perempuan. (*)

 

 

Berita Terkini