Berita Tanjabtim

Belum Rapat Penetapan Besaran Zakat Fitrah, Ini Kata Baznas Tanjabtim

Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Baznas Tanjabtim, Syaripuddin mengatakan, bahwa Baznas Kabupaten Tanjabtim sendiri mengikuti hasil keputusan dar

Istimewa
Kewajiban mengeluarkan zakat fitrah bagi seorang Muslim 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Berdasarkan hasil rapat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) se Provinsi Jambi belum lama ini memutuskan besaran Zakat fitrah yang wajib dikeluarkan sebanyak 2,5 Kilogram beras.

Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Baznas Tanjabtim, Syaripuddin mengatakan, bahwa Baznas Kabupaten Tanjabtim sendiri mengikuti hasil keputusan dari Baznas Provinsi Jambi.

"Jadi Zakat Fitrah itu juga bisa diuangkan tergantung dari beras apa yang dikonsumsi sehari-hari. Kalau beras yang dikonsumsinya mahal, tentunya disamakan dengan membayar Zakat Fitrah,"katanya, Kamis (30/03/23) saat dikonfirmasi via telephone.

Syaripuddin menambahkan, bahwa untuk penetapan besaran Zakat Fitrah itu boleh juga lebih dari yang sudah ditetapkan. Asalkan mampu, maka tidak menjadi larangan.

"Yang terpenting tidak kurang dari standar yang telah ditetapkan. Boleh juga lebih, dan tidak boleh kurang. Kalau lebih, berarti rezekinya lebih, itu tidak apa-apa,"tambahnya.

Besaran Zakat itu, lanjutnya, masih penetapan dari Baznas, sedangkan penetapan dan keputusan besaran Zakat Fitrah untuk Kabupaten Tanjabtim belum ada dilakukan rapat bersama. Biasanya leading sektornya itu Kementerian Agama Kabupaten Tanjabtim.

"Kalau kami hanya sebatas mengikuti keputusan Baznas saja. Tapi kalau biasanya untuk penetapan besaran Zakat Fitrah itu Kementerian Agama," tuturnya Syaripuddin.

Hingga kini, besaran Zakat Fitrah Kabupaten Tanjabtim, masih menunggu hasil rapat bersama Pemkab Tanjabtim dengan leading sektor kedepannya.

"Mudah-mudahan untuk penetapan besaran Zakat Fitrah Kabupaten Tanjabtim dalam waktu dekat sudah dilaksanakan,"pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Irjen Teddy Minahasa Dituntut Pidana Mati, Jaksa: Terbukti Jual Beli Sabu, Tak Ada Hal Meringankan

Baca juga: Tuntutan Mantan Kapolda Sumbar Dkk Kasus Sabu - Teddy Hukuman Mati, Doddy 20 Tahun, Linda 18 Tahun

Baca juga: Jadwal Playoff MPL ID Season 11 Mobile Legends, Berikut Harga Tiket dan Link Live Streaming

Sumber: Tribun Jambi
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved