Beredar Foto Kurir Meninggal saat Antar Paket, Kemenaker Ingatkan Perusahaan Soal Jam Kerja

Beredar di media sosial, seorang kurir yang ditemukan meninggal dunia saat mengantarkan paket. Dalam foto yang diunggah, tampak kurir tersebut tertel

Editor: Suci Rahayu PK
Ist
Seorang kurir yang meninggal saat mengantar paket, ditemukan oleh petugas keamanan perumahan Intercon Blok K Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (18/2/2023). 

TRIBUNJAMBI.COM - Beredar di media sosial, seorang kurir yang ditemukan meninggal dunia saat mengantarkan paket.

Dalam foto yang diunggah, tampak kurir tersebut tertelungkup di samping motornya yang masih membawa paket-paket.

Diketahui, kurir tersebut bernama Yulan Susilo (42), warga Kampung Slipi, Palmerah, Jakarta Selatan. Jenazah Yulan ditemukan oleh petugas keamanan perumahan Intercon Blok K Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (15/2/2023).

Polres Metro Jakarta Barat pun bergerak melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kematian. Tidak ada tanda bekas kekerasan, tetapi kurir tersebut diketahui memiliki riwayat penyakit jantung.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker RI) Anwar Sanusi angkat bicara soal peristiwa kurir meninggal saat mengantar paket dan fotonya viral di media sosial.

Anwar mengatakan, Kemnaker akan melakukan identifikasi dan klarifikasi terhadap perusahaan tempat kurir tersebut bekerja.

Baca juga: Lowongan Kerja Wings Group untuk Lulusan S1 dan S2, Penempatan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan

Baca juga: Farhat Abbas Minta Keluarga Brigadir Yosua Jangan Lebai Atas Kematian Putranya: Sedih Boleh Aja!

Hal ini dilakukan sebagai upaya mengetahui penyebab meninggal, apakah karena adanya kelalaian dari pihak perusahaan atau tidak.

Terkait hal itu, Anwar mewanti-wanti perusahaan dan pekerja untuk mematuhi peraturan ketenagakerjaan, termasuk soal jam kerja dan istirahat, keselamatan dan kesehatan pekerja, jaminan sosial, dan hak-hak perlindungan lainnya.

Pasalnya, jika perusahaan abai dengan hak-hak pekerja yang seharusnya diberikan, akan menimbulkan dampak yang fatal, khususnya terkait keselamatan kerja.

“Ketidakpedulian terhadap syarat-syarat kerja tersebut akan dapat berakibat fatal bagi keselamatan pekerja,” tegas Anwar, Jumat (17/2/2023), seperti diberitakan Kompas.com.

Hal ini juga berkaitan dengan produktivitas perusahaan yang akan terpengaruh ketika terdapat kejadian fatal yang melibatkan pekerja.

“Kami mengimbau agar semua pihak dalam melaksanakan hubungan kerja benar-benar memperhatikan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan,” ujar Anwar.

Mewakili Kemnaker, dia juga menyampaikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya kurir tersebut.

 

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Lowongan Kerja Wings Group untuk Lulusan S1 dan S2, Penempatan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan

Baca juga: Farhat Abbas Minta Keluarga Brigadir Yosua Jangan Lebai Atas Kematian Putranya: Sedih Boleh Aja!

Baca juga: Keluarga Almarhum Brigadir Yosua Sudah Sampai Di Jambi

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved