Wushu di Jambi Olahraga yang Diperhitungkan, Sumbang Medali Terbanyak hingga Tingkat Internasional

Wushu merupakan olahraga tradisional dari Negeri Bambu Cina dan di Indonesia wushu ini adalah salah satu cabang olahraga yang diperhitungkan khususnya

Tribunjambi.com/Anas
Aktivitas atlet Wushu di Jambi 

TRIBUN JAMBI.COM, JAMBI - Wushu merupakan olahraga tradisional dari Negeri Bambu Cina dan di Indonesia wushu ini adalah salah satu cabang olahraga yang diperhitungkan khususnya di Provinsi Jambi.

Ada dua jenis Olahraga Wushu yaitu Wushu Taolu dan Sanda. Taolu mengacu pada rangkaian rutinitas (bentuk) komponen latihan wushu termasuk teknik tangan, teknik kaki, lompatan, sapuan, sikap dan gerak kaki, merebut, serta keseimbangan serta lebih ke seni.

Sedangkan Wushu Sanda merupakan olahraga kombinasi beberapa tehnik gerakan bela diri, yakni pukulan tendangan bantingan serta menyerang dan bertahan.

Rominop salah satu Wasit PB Wushu Indonesia dan Wasit serta Pengurus Wushu Pemprov Jambi, mengatakan bahwa Atlet Wushu Jambi sudah banyak menyumbangkan medali.

"Terbukti pada saat PON dan di ajang Internasional. Dan Jambi kali pertama pernah meraih medali emas dari cabang olahraga Wushu ini,"ujarnya Senin (23/01/2023).

Menurut Rominop, untuk olahraga Wushu sendiri, menggunakan teknik-teknik yang berbeda, ada campuran tinju, tendangan dan ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan, seperti mematahkan lawan atau yang sifatnya mematikan, ini tidak boleh.

"Untuk meraih poin dari olahraga Wushu Sanda ini yakni dari, tendangan, pukulan, bantingan , pelanggaran dan teguran terhadap lawan," ujarnya.

Dan bagi atlet kategori junior tidak boleh melakukan tendangan terhadap kepala karena sifatnya harus menyelamatkan atlet namun jika atlet senior sudah diperbolehkan untuk melakukan tendangan hingga kepala.

Selain itu, Rominop menambahkan bagi masyarakat jambi yang tertarik dengan olahraga Wushu, bisa menjadikan putra-putrinya untuk menjadi atlet Wushu.

"Karena Wushu ini termasuk kategori olahraga yang diperhitungkan, selain dari pada itu cabang olahraga ini merupakan penyumbang medali terbanyak dari tingkat nasional atau pun internasional,"tambahnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Jokowi Sepakat Jabatan Kades 9 Tahun, Ketua APDESI Tebo: Sah-sah Saja

Baca juga: Gerindra-PKB Resmikan Sekber, DPW PKB Jambi: Kesamaan Visi Membangun Indonesia

Baca juga: Tim DG Esports Berganti Nama Menjadi Tim Kagendra

Sumber: Tribun Jambi
Baca Juga
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved