Jokowi Kaget Kaesang Ingin Masuk Politik, Gibran Bantah Bangun Dinasti

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kaget mendengar keinginan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, yang tiba-tiba ingin terjun ke dunia politik. Kaesang

Editor: Fifi Suryani
Kolase
Kaesang Pangarep dan Jokowi 

TRIBUNJAMBI.COM, SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kaget mendengar keinginan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, yang tiba-tiba ingin terjun ke dunia politik. Kaesang menyampaikan keinginan masuk politik itu di depan Jokowi dan anggota keluarganya yang lain saat acara makan siang keluarga di Ono Solo Coffee & Eatery, Solo, Senin (23/1). ”Kaesang kemarin, saya kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, dia ada ketertarikan di politik," ungkap sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, Selasa (24/1).
 
Gibran mengaku tidak menyangka ketertarikan Kaesang tersebut. Terlebih selama ini Kaesang saat berkumpul bersama keluarga tidak pernah berbicara soal politik. "Saya kaget. Ini beneran tidak (menyangka). Tanggapan kedua orang tua juga kaget. Bapak yo kaget. Biasanya tidak pernah ngomong kan itu (politik), aku yo (saya juga) kaget," ujar Gibran.
 
Meski demikian, ia belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024 atau Pileg 2024. Gibran menyebut adiknya itu sejauh kelihatannya masih penjajakan untuk memasuki dunia politik. "Masih tanya-tanya. Tanya saya, tanya bapak. Masih tanya-tanya, tapi dia kemarin menyatakan pengin. Pas makan kemarin," katanya.
 
Menurut Gibran, Kaesang baru-baru ini bertanya politik kepadanya dan Jokowi. Ke Gibran, misalnya, Kaesang bertanya soal kesuksesan Gibran membangun Solo Safari, Solo Techno Park, hingga penataan koridor Jalan Gatot Subroto. Gibran mengatakan ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi pada daerah. "Kemarin kan kami ajak juga ke Solo Safari, Technopark, Ngarsopuro. Ya, melihat pembangunan-pembangunan di Solo. Pokoke ada ketertarikan untuk membangun, ikut membantu, lebih ke kontribusi," katanya.
 
Gibran menilai Kaesang mampu terjun ke dunia politik. Ia melihat dari rekam jejak sang adik yang pandai dalam hal manajemen. Ia mencontohkan Kaesang mampu membawa tim sepak bola kebanggaan warga Solo yakni Persis naik ke Liga 1. Selain itu, Gibran mengungkapkan keberanian Kaesang mengusulkan Kongres Luar Biasa (KLB). "Dia (Kaesang) cah enom (anak muda) tapi belajar cepat," ungkapnya.
 
Sementara itu terkait partai politik yang ingin diikuti oleh Kaesang, Gibran mengaku belum mengetahuinya. Jokowi dan Gibran sendiri adalah kader PDI Perjuangan (PDIP). "Nanti biar Kaesang saja yang memutuskan," imbuhnya.
 
Selain Jokowi dan Gibran, anggota keluarganya yang lain, yakni Bobby Nasution juga sudah terjun ke politik. Suami dari Kahiyang Ayu atau menantu Jokowi itu juga merupakan kader PDIP dan kini menjabat sebagai Wali Kota Medan.  Disinggung mengenai isu dinasti politik yang mungkin akan mencuat jika Kaesang ikut terjun ke politik, Gibran mengatakan bahwa kontestasi dalam politik merupakan kompetisi. "Bisa menang, bisa kalah. Kaesang kemarin hanya melontarkan keinginan, kalau keseriusan tanya Kaesang sendiri," ujarnya.

Begitu juga saat ditanya apakah sebelumnya Presiden Jokowi memang menginginkan anak-anaknya terjun ke politik, Gibran menampik kabar tersebut. "Enggak juga sih, aku juga enggak mendorong juga. Saya juga enggak mendukung, nambahin saingan," kelarkarnya.
 
Presiden Jokowi sendiri dulu pernah menyebut dirinya tidak melarang namun juga tidak memaksa kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik. Termasuk menjadi penerusnya pada 2024. Dia menyerahkan hal ini pada anak-anaknya. "Kalau mau, 'tak dorong, kalau tidak mau 'ngapain' didorong-dorong? Saya kan tidak pernah maksa-maksa anak untuk mau (masuk dunia politik). Kalau mau masuk, masuk saja, kalau tidak mau ngapain?," kata Jokowi dalam sebuah wawancara pada 2019 silam.
 
"(Anak-anak) memilih jualan martabak, bagaimana? Memilih jualan pisang goreng. Dikejar-kejar suruh jadi apa, ya tidak mau, misalnya tidak mau (ke dunia politik). Saya sudah ngomong jawabannya masih senang jualan pisang goreng, bagaimana?" tambah Jokowi ketika itu.
 
Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka diketahui memiliki gurita bisnis mulai dari usaha kuliner katering "Chili Pari" hingga usaha startup. Sedangkan Kaesang, seperti sang kakak, juga memiliki beragam bisnis mulai dari bidang kuliner, fashion, peternakan, hingga platform pekerjaan.
 
Jokowi sendiri mengaku tidak menunjuk kader khusus sebagai penerusnya pada 2024. "Ya kita kan punya kader banyak calon-calon penerus yang punya kualitas banyak, sudah teruji banyak, dari pemerintahan banyak, bupati, gubernur, wali kota banyak, pilih saja. Swasta-swasta besar juga banyak, jago manajemen banyak, pilih saja, usianya masih muda tapi matang, kasih saja mereka ruang, kasih panggung untuk tampil, kita ini tugasnya mengantarkan tapi yang menentukan rakyat," ujarnya

Berita Lainnya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved