Harga Sawit Jambi

Harga TBS di Tanjabtim Hari Ini Mencapai Rp 1.900 Per Kg

TBS kelapa sawit di tingkat petani di Kabupaten Tanjung Jabung Timur berkisar di angka Rp 1.900 per kilogram, Selasa (24/1/2023). 

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
TBS kelapa sawit di tingkat petani di Kabupaten Tanjung Jabung Timur berkisar di angka Rp 1.900 per kilogram, Selasa (24/1/2023).  

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Harga Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani di kabupaten Tanjung Jabung Timur berkisar di angka Rp 1.900 per kilogram, Selasa (24/1/2023). 

"Kalau harga pabrik berbeda. Buah yang kami dapat dari petani, terus kami jual lagi ke pabrik, dihargai Rp 2.200 per kilogram," kata Basri pengepul sawit di Tanjabtim. 

Lanjutnya, meski harga jual TBS sawit mulai membaik, akan tetapi tidak semua buah bisa diterima oleh pihak pabrik. Pabrik yang ada di Kabupaten Tanjab Timur saat ini lebih selektif ketika menerima kiriman buah dari para pengepul.

"Saat ini sortir buah di pabrik ketat nian. Buah mengkal yang mulai menguning dak mau diterimanya. Buah terlalu masak yang banyak rontok juga dak mau diterima pihak pabrik," ujarnya. 

Kondisi sawit akhir-akhir ini mengalami kondisi trek atau jumlah buah yang lebih sedikit. Terjadi cukup lama, yakni dalam dua bulan terakhir. 

"Saat ini hasil buah sawit di kebun drastis menurun, bisa sampai lima puluh sampai tujuh puluh persen. Jadi berdampak juga dengan pengiriman buah ke kami selaku pengepul ini," tutupnya. 

Ikuti berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Harga Kelapa Sawit di Jambi Periode 20-26 Januari 2023 - Harga TBS Tertinggi Rp 2.492 per Kg

Baca juga: Ketua APBDesi Tanjabtim Secara Pribadi Tolak Usulan Masa Jabatan Kades 9 Tahun

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved