Tips Melatih Merpati Balap yang Baik Untuk Pemula

Burung merpati banyak dipelihara untuk ajang olahraga balap merpati. Namun, agar merpati balap juara lomba ternyata bukan perkara mudah.

Penulis: anas al hakim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Anas
Merpati balap. 

TRIBUN JAMBI.COM,JAMBI-Burung Merpati balap merupakan salah satu dari jenis burung merpati yang dapat dijumpai di setiap provinsi. 

Burung merpati banyak dipelihara untuk ajang olahraga balap merpati. Namun, agar merpati balap juara lomba ternyata bukan perkara mudah.

Yanto (43) satu diantara pecinta burung merpati, mengatakan butuh proses sehingga merpati balap juara lomba. Tentu saja harus mengetahui bagaimana cara melatih merpati balap pemula yang baik. 

Ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih merpati balap agar dapat terbang dengan cepat.

Pertama melatih di usia muda, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melatih sesuai dengan masa yang tepat.

"Apabila memiliki merpati muda yang masih belum mapan mental dan kemampuan terbangnya, maka dilarang untuk menggandengnya. Karena jika menggandeng merpati yang masih muda tersebut, maka dikhawatirkan akan terbiasa mengekor di belakang burung lain,"ujarnya Yanto, Rabu (18/01/2023).

Baca juga: Arti Mimpi Melihat Burung Merpati, Keluarga dikaruniai Kebahagiaan

"Sehingga nantinya tidak dapat mandiri, kalaupun menggandengnya jangan dilakukan sebelum dia terbiasa terbang pada jarak 500 meter, gandenglah dia dengan menggunakan burung yang seumuran,"lanjut Yanto. 

Kedua, menggiring pada jarak 20-30 meter, latihlah mulai dari jarak dekat terlebih dahulu, atau bisa mengajarkan merpati naik turun kandang dan naik turun ke betina.

Menurut Yanto, latihan ini perlu dilakukan untuk membiasakan merpati balap yang kalian miliki dengan tangan sendiri. Terkadang merpati takut pada manusia apalagi pada merpati balap kecil yang baru pertama kali digiring. 

Lakukan sampai merpati balap terlihat tidak malas naik turun ke betina. Latihan ini dapat dilakukan kurang lebih sepuluh sampai dengan 30 kali. 

"Selanjutnya lakukan mengistirahatkan dan kemudian mengulangi lagi setelah burung merpatimu selesai beristirahat," ujar Yanto.

Dan latihan alternatif lanjutan yang dapat diterapkan pada burung merpati balap adalah, terbang pada jarak satu meter, menggunakan bantuan betina yang ditatak di atas tanah.

"Anda dapat melakukan latihan ini berulang kali kurang lebih sebanyak lima sampai dengan sepuluh kali terbangan. Dan selama 1 bulan merpati sudah siap untuk mengikuti kontes," tutup Yanto. 

Ikuti berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved