Berita Tanjab Barat

Permudah Belajar Manasik Haji Pemkab Bangun Replika Kabah

Bangunan ini di buat semirip mungkin dengan Kabah. Selain Kabah juga ada Hajar Aswat, hijir Ismail, maqam Ibrahim dan lain sebagainya

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Rahimin
tribunjambi/ade setyawati
Replika Kabah dalam kawasan Masjid Syekh Usman Kuala Tungkal. 

TRIBUNJAMBI.COM  KUALATUNGKAL -Permudah jamaah haji belajar manasik haji, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat membangun replika Kabah dalam kawasan Masjid Syekh Usman Kuala Tungkal.

Bangunan ini di buat semirip mungkin dengan Kabah. Selain Kabah juga ada Hajar Aswat, hijir Ismail, maqam Ibrahim dan lain sebagainya.

Hidayat Kusuma Kabag Kesra Setda Tanjabbar mengatakan, fungsi replika Kabah yang ada di NlMasjid Syekh Usman untuk mempermudah manasik haji.

"Replika Kabah ini merupakan wadah kita belajar manasik haji, sebelum jama'ah haji berangkat ke Mekah mereka perlu belajar tidak hanya teori tetapi juga praktek, selama ini untuk praktek hanya sekedarnya dan sekarang kita buat replika Kabah biar mereka tau dimana mulai dimana berakhir," jelasnya, Selasa (17/1/2023).

Hidayat Kusuma melanjutkan, jika jamaah tidak belajar praktek manasik haji yang benar dikhawatirkan hanya mengikut-ikut.

"Jika tidak belajar manasik haji saya yakin mereka tidak tau cara beribadah yang benar bisa saja hanya mengikut-ngikut karena tidak pernah belajar secara praktek," katanya.

Replika Kabah sudah difungsikan tahun ini dan untuk tahun ini jamaah ratusan jamaah siap belajar manasik haji di replika Ka'bah.

"Insya Allah tahun ini sudah di fungsikan, dan ada sekitar 300an jamaah dan replika Ka'bah ini sangat diperlukan bagi orang yang beribadah haji untuk belajar manasak haji," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved