Kakanwil Kemenag Jambi Pastikan Kuota Haji Tahun ini Tak Berkurang dari Sebelumnya

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi H Zoztafia pastikan kuota haji 2023 ini tidak berkurang dari tahun sebelumnya.

Penulis: Wira Dani Damanik | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Wira Dani Damanik
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi H Zoztafia pastikan kuota haji 2023 ini tidak berkurang dari tahun sebelumnya. 

 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi H Zoztafia pastikan kuota haji 2023 ini tidak berkurang dari tahun sebelumnya.

Zoztafia mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu penetapan kuota haji dari Kementerian Agama untuk pemberangkatan haji tahun 2023.

"Masih perhitungan suara, tapi mudah-mudahan tidak kurang dari kuota sebelumnya sekitar 2.900," kata Zoztafia kepada Tribun, Selasa (17/1/2023)

Sementara secara nasional kata dia, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 220 ribu. 

Zoztafia kemudian menyebut tidak ada pembatasan usia dalam keberangkatan haji pada tahun ini. Dia mengatakan kelompok lansia yang tahun lalu tertunda dalam keberangkatan akan diprioritaskan.

"Logikanya kalau tidak ada pembatasan umur, pada tahun sebelumnya saja mereka masuk apalagi tahun ini," ujarnya.

Baca juga: Permudah Belajar Manasik Haji Pemkab Bangun Replika Kabah

Hingga saat ini belum dipastikan kuota haji untuk Provinsi Jambi. Zoztafia menyebut perhitungan di kementerian agama akan disesuaikan dengan jumlah umat muslim.

"Hasil koordinasi sesuai dengan jumlah penduduk 1.000 per min. Jadi misalnya kalau penduduk kita, muslimnya 2.5 juta berarti kuotanya 2.500 kan seperti itu. Kalau penduduknya 3 juta berarti 3.000, hitungannya seperti itu," ujarnya.

Hingga saat ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi terus menghimbau kantor kemenag kabupaten/kota untuk terus melakukan persiapan.

"Persiapan manasiknya, persiapan manajerialnya dan persiapan administrasi. Dan saya juga ingin mengingatkan teman-teman di kabupaten/kota, untuk serius mempersiapkan administrasi jamaah," ujarnya.

Zoztafia mengatakan pihaknya komitmen dalam mengurus dan mempersiapkan penyelenggaraan haji agar berjalan dengan baik.

Dia juga menghimbau kepada calon jamaah untuk mempersiapkan diri serta meminta informasi hanya di kantor kemenag.

Baca juga: Kadisdik Provinsi Jambi Sebut Pengumuman PPPK Guru Menunggu dari Pusat

"Kita menghindari isu-isu tidak tepat dalam penyelenggaraan haji. Karena ini soal kuota ini, salah satu aspirasi yang paling kuat di proses haji ini. Ini kita respon dan alhamdulilah menteri agama sudah berikhtiar. Jadi adapun tambahan-tambahan kuota akan kita umumkan secara resmi," pungkasnya.

Ikuti berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved