Berita Sungai Penuh

Dinas Kesehatan Sungai Penuh Larang Jual Jajanan Ciki Kebul

Dinas Kesehatan kota Sungai Penuh, melarang masyarakat terutama anak-anak dalam wilayah kota Sungai Penuh, untuk mengkonsumsi jajanan Chiki berasap at

Penulis: Herupitra | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Kolase
Ilustrasi es ciki kebul ice smoke (kanan). Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat mencatat total 28 anak mengalami gejala keracunan makanan es ciki kebul nitrogen. 

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Dinas Kesehatan Sungai Penuh, melarang masyarakat terutama anak-anak dalam wilayah kota Sungai Penuh, untuk mengkonsumsi jajanan Chiki berasap atau Chiki Ngebul yang biasa dijual.

Pasalnya, Jajanan Chiki Berasap yang banyak disukai anak-anak tersebut, diduga mengandung Nitrogen Cair, yang bisa membahayakan terhadap kesehatan.

Terkait hal tersebut Dinas Kesehatan kota Sungai Penuh, telah mengeluarkan surat edaran, dengan nomor 441/101/Dinkes/I/2023, yang ditujukan kepada Camat dan Kepala Puskesmas dalam kota Sungai Penuh, tertanggal 10 Januari 2023 yang ditanda tangani Plt Kadis Kesehatan Sungai Penuh Azwarman.

Plt Kepala Dinas Kesehatan kota Sungai Penuh, Azwarman dikonfirmasi pada, Rabu (11/01), membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, bahwa surat tersebut agar disampaikan kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi jajanan Chiki Berasap.

"Ya, Jajanan Chiki Berasap itu diduga mengandung Nitrogen cair, tidak baik untuk kesehatan terutama anak-anak, dampaknya bisa mengakibatkan Lambung Bocor, dan sesak nafas," jelasnya.

Terkait hal tersebut, lanjut Azwarman, pihaknya bersama tim loka POM kota sungai penuh telah turun beberapa tempat dalam kota Sungai Penuh untuk memantau penjualan Chiki Berasap dalam kota Sungai Penuh.

"Kemaren 10 Januari 2023 sudah turun ke lapangan sebagai bentuk pengawasan kami dari Dinkes dan Alhamdulillah tidak di temukan," sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat terutama anak-anak untuk melarang anaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung Nitrogen cair seperti Chiki Berasap.

"Kita dari Dinkes menghimbau kepada semua orang tua yg memiliki anak usia sekolah agar dapat mengawasi anaknya agar tidak jajan sembarangan terutama yg saat ini yg menggunakan nitrogen cair," tandasnya

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Leher Anggia Novita Nyaris Digorok Ferry Irawan Pakai Pisau Saat Masih Menikah: Ngajak Mati Bareng

Baca juga: Honda Scoopy Tampil Semakin Fashionable dengan Aksesoris dan Apparel Resmi

Baca juga: Megawati Tak Umumkan Capres PDI Perjuangan, Peneliti Riset Sebut Masih Dilematis

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved