Berita Jambi

BWSS VI Jambi Akan Revitalisasi Danau Teluk Kenali Untuk Pengendali Banjir di Kota Jambi

Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi akan merevitalisasi Danau Teluk Kenali secara bertahap. Hal itu dalam mengendalikan banjir yang terus terjadi

Penulis: Wira Dani Damanik | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Wira Dani Damanik
Kepala BWSS VI Jambi Gatut Bayuadji 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi akan merevitalisasi Danau Teluk Kenali secara bertahap. Hal itu dalam mengendalikan banjir yang terus terjadi di beberapa perumahan Kota Jambi dengan total anggaran Rp170 miliar.

Kepala BWSS VI Jambi Gatut Bayuadji menegaskan bahwa untuk mengatasi banjir di beberapa perumahan seperti perumahan Namura Indah, Kembar Lestari dan Kota Baru Indah tidak memungkingkan.

"Itu jadi prioritas penanganan kita. Itu kita lakukan hilirnya di kembar lestari kemudian Danau Teluk Kenali. Kalau menghilangkan banjir itu enggak bisa, yang bisa itu mempercepat laju air supaya mereka tidak tergenangi lama," kata Gatut kepada Tribun saat ditemui di ruangannya, Selasa (10/1/2023).

BWSS akan melakukan revitalisasi Danau Teluk Kenali guna mempersiapkan tabung air. Gatut menyebut pihaknya telah memiliki design dalam pembangunanya.

Proyek tersebut merupakan multiyears di BWSS yang akan dilakukan dalam jangka waktu tiga tahun hingga 2025 nanti.

Baca juga: Niat Lerai Pasutri Berantem, Pria di Jambi Selatan ini Malah Jadi Korban Penganiayaan

Baca juga: Misteri Kematian Bocah dalam Septic Tank di Jambi Belum Terungkap, Polisi Kembali Periksa Saksi Baru

Revitalisasi Danau Teluk Kenali itu akan berfungsi dalam membantu penanganan banjir yang hulunya berada di Kembar Lestari

Dia menyebut pada April mendatang akan dimulai lelang Urban Flood Control System Improvement (UFCSI) atau Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir Perkotaan yang berada di Kembar Lestari.

"Itu untuk paket III A dan III B mungkin di akhir tahun," ujarnya.

Pihaknya juga akan memperlebar drainase dari perumahan Namura Indah hingga ke arah Danau Teluk Kenali. Selain itu pihaknya akan melakukan normalisasi di sepanjang drainase tersebut.

Gatut menyebutkan September mendatang sudah ada pemenang tender dalam proyek itu. Dia pun mengungkap anggaran dalam pembangunan proyek tersebut.

"Kalau III A itu Rp100 Miliar, kalau tipe III B Rp70 miliar. Totalnya Rp170 miliar," ungkapnya. (Tribunjambi.com/Wira Dani Damanik)

 

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Niat Lerai Pasutri Berantem, Pria di Jambi Selatan ini Malah Jadi Korban Penganiayaan

Baca juga: Cuaca Jambi: Diprediksi Hujan Disertai Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Jambi Hingga April 2023

Baca juga: Misteri Kematian Bocah dalam Septic Tank di Jambi Belum Terungkap, Polisi Kembali Periksa Saksi Baru

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved