Bikin Heboh Warga Jalan Bangau Tambak Sari, Ular Sanca Besar Masuk Saluran Septic Tank

Satu ekor ular sanca besar dengan panjang 4,25 meter terlihat di saluran septic tank warga, Senin (9/1/2023) sekitar pukul 22.10 WIB

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rahimin
Tribunjambi/aryo tondang
Warga dan petugas pemadam kebakaran memegang ular sanca yang berhasil dievakuasi dari saluran septic tank. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Warga Jalan Bangau 3 RT 14 Kelurahan Tambak Sari Kecamatan Jambi Selatan mendadak menjadi heboh.

Sebab, satu ekor ular sanca besar dengan panjang 4,25 meter terlihat di saluran septic tank warga, Senin (9/1/2023) sekitar pukul 22.10 WIB.

Tim Pemadam Kebakaran Kota Jambi yang diberitahu adanya ular itu langsung mendatangi lokasi. Dengan memakai peralatan, petugas mengevakuasi seekor ular sanca yang masuk ke dalam saluran septic tank rumah milik warga tersebut.

Evakuasi sedikit mengalami kesulitan. 4 personel pemadam kebakaran, dan dibantu oleh warga terpaksa membongkar saluran septic tank milik warga tersebut, agar ular dapat dikeluarkan.

Dalam rekaman video amatir tersebut tampak petugas dan warga sempat kewalahan saat akan menarik ular dari dalam saluran septic tank.

Pasalnya, ukuran ular nyaris menutupi seluruh saluran septic tank, sehingga petugas dan warga dengan bersusah payah untuk mengevakuasi ular.

Aksi petugas tersebut, juga menjadi perhatian warga lainnya. Terdengar, warga histeris saat mulai melihat kondisi ular yang berukuran jumbo.

Dari keterangan Markuri, satu di antara petugas Pemadam Kebakaran yang ikut di lokasi menjelaskan, proses evakuasi memakan waktu hingga 1 jam 24 menit.

"Kita sudah berhasil evakuasi ular dan akan kita serahkan ke komunitas pecinta reptil," kata Markuri, Selasa (10/1/2023) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Markuri juga mengedukasi warga, cara mengantisipasi agar ular tidak masuk ke dalam rumah melalui saluran air dan semacamnya.

Katanya, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan rutin menyiramkan cairan pembersih lantai, atau cairan yang baunua menyengat agar ular tidak akan masuk.

"Terserah cairan apa, yang penting baunya menyengat, sehingga ular tidak akan masuk. Yang mitos itu garam sama belerang, itu tidak pengaruh," pungkas Markuri.

Baca juga: Damkar Evakuasi Ular Sanca di Drainase Perumahan Warga Kota Jambi

Baca juga: Warga Temukan Ular Sanca 4 Meter Parit Depan Teras Rumah di Tanjab Timur Jambi

Baca juga: Lagi Banjir, Ular Sanca Sepanjang 5 Meter Muncul Dekat Pos Ronda Lebak Bandung

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved