Editorial

Gubernur Cup 2023 dan Harapan Prestasi Sepak Bola

Kompetisi sepak bola terbesar di Provinsi Jambi, Gubernur Cup 2023, bakal digelar mulai Senin (9/1). Ini tentu telah ditunggu para pecinta bola

Editor: Deddy Rachmawan
istimewa
Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan piala Juara 1 Gubernur Cup 2022 kepada tim Kota Jambi yang disaksikan langsung Wali Kota Jambi H Syarif Fasha. 

Kompetisi sepak bola terbesar di Provinsi Jambi, Gubernur Cup 2023, bakal digelar mulai Senin (9/1). Ini tentu telah ditunggu para pecinta bola di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Pemkab Tebo yang menjadi tuan rumah telah bersiap. Fasilitas lokasi hingga pengamanan telah disiapkan demi kelancaran laga si kulit bundar.

Sejauh ini, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tebo mengonfirmasi ada pembagian grup. Kompetisi ini bakal semakin menarik karena diramaikan pemain dan pelatih dari luar daerah.

Sesuai regulasi Gubernur Cup tahun 2023 ini, tiap klub boleh mendatangkan pemain dari luar sebanyak tiga orang. Diharapkan ini bisa menambah dinamika permainan dan kompetisi, selain pemain daerah yang berpotensi tinggi.

Dalam garis sejarahnya, pesepak bola Jambi beberapa kali mampu "berbicara" di tingkat nasional. Klub-klub bagus yang potensial pun ada dari ujung barat hingga timur.

Ini membuktikan sebenarnya banyak kaki-kaki bertalenta ada di sana. Satu di antara pemain yang masuk tim nasional Indonesia adalah almarhum Nasril Nawawi yang akrab disapa Bujang Nasril.

Baca juga: Pembukaan Gubernur Cup di Tebo, Dijadwalkan 9 Januari 2023

Dia memperkuat Timnas Indonesia mulai 1983. Selain itu pernah merumput di beberapa klub besar, hingga mendapat sebutan stopper terbaik pada era Galatama.

Kenangan manis membela Timnas saat bertanding di Korea di Kings Cup.

Dia mencetak gol sensasional dan terindah. Bola tendangan setengah lapangan yang meluncur dari kaki Bujang Nasril membuahkan gol. Beberapa tahun terakhir, pemain muda Jambi pun ada yang merumput di klub besar liga di Indonesia.

Sebuah potensi besar. Ada harapan besar kompetisi sepak bola di Provinsi Jambi mampu melahirkan pemain dan membuat klub di daerah naik kasta.

Gubernur Cup 2023 pun diharapkan mampu mengangkat sepak bola Jambi lebih baik.

Berkaca dari kesuksesan klub-klub di kota besar, tentu ada dorongan manajemen (pengelolaan; red) yang mumpuni.

Baca juga: Bertemu Tim Kesebelasan Tanjabtim di Laga Perdana Gubernur Cup 2023, Askab Merangin Yakin Menang

Tentu ini menjadi pekerjaan rumah (PR) besar, bukan hanya bagi klub, melainkan juga pemerintah. Ingat sepak bola merupakan olahraga terbesar di jagad raya.

Kompetisi terbesar di Provinsi Jambi ini diharapkan menjadi obor yang menyemangati supaya "api si kulit bundar" tidak mati.

Harapan besar juga ini jadi bagian dari pembinaan berjenjang untuk sepak bola yang lebih baik. Mari kita dorong kaki-kaki lincah pemain Jambi berlari di lapangan kelas nasional, bahkan dunia. (*)

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved