Berita Tebo

Pj Bupati Tebo Laporkan Kinerja ke Gubernur Jambi

Pj Bupati Tebo Aspan, laporkan kinerja selama jabatan sebagai kepala daerah ke Gubernur Jambi Al Haris saat persemian pemekaran desa Jumat ( 23/12/202

Penulis: Sopianto | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Ist
Pj Bupati Tebo Laporkan Kinerja ke Gubernur Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM,MUARATEBO-Pj Bupati Tebo Aspan, laporkan kinerja selama jabatan sebagai kepala daerah ke Gubernur Jambi Al Haris saat persemian pemekaran desa Jumat ( 23/12/2022).

Laporan kinerja ini mulai dari pemekaran, penanganan Inflasi dan penghargaan yang diperoleh.

Kata Aspan, menindaklanjuti arahan presiden agar Pj kepala daerah menyerap aspirasi. Di Tebo salah satunya adalah pemekaran desa, ada 15 desa di 5 kecamatan. Ini sudah diusulkan mulai tahun 2017, hingga Mei 2022 belum ada kabar lanjutan.

"Kita proses selama 41 hari, dari waktu yang diberikan Kemendagri seluruh desa ini bisa diresmikan sekarang," katanya.

Kemudian soal pencairan Dana Desa (DD) dibuat perda baru. Kemudian, Pilkades 39 desa atas kerja denga DPRD dapat dilaksanakan meskipun dari APBD murni belum dianggarkan.

Selanjutnya untuk mengatasi inflasi, langkah sudah dilakukan mulai dari menekan harga dengan operasi pasar. Menanam tanaman cepat panen. Kemudian vaksin booster 21, persen sekarang 44,7 persen.

sementara itu untuk penanganan Stunting 493 kasus, sekarang 226 kasus. Artinya selama 6 bulan jumlah kasus menurun sebanyak 45,48 persen.

Dan selama 6 bulan belakang ini, Kabupaten Tebo memperoleh pengahagaan dari KPPN Bungo, sebagai penyalur DD terbaik. Ditambah dengan Kanwil perbendaharaan provinsi yang menerima pengahagaan sebagai pengelola Dana DAK terbaik 2022.

Selanjutnya Peringkat dua NCPK KPK 2022. Selain itu RSUD STS Tebo, dinilai akreditasi paripurna bintang lima. Begitu juga dengan penghargaan dari Kemenkumham yang menetapkan Tebo sebagai kabupaten peduli hal asasi manusia (HAM) nasional.

Penghargaan sebagai Kabupaten layak anak tingkat dua se Jambi juga diperoleh. Terakhir Tebo dinobatkan sebagai 10 besar nasional dan juara terbaik se-Sumatra dari ombudsman.

Menanggapi itu Gubernur Jambi Al-haris, pemekaran suatu desa untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, memperpendek layanan. Kata Haris Pemprov akan menggaran dana100 juta desa untuk desa dan anggaran pendampingan desa pemekaran.

"Tidak mudah orang memekarkan desa, Saya harap Desa yang dimekarkan ini, persiapan untuk pemilihan kepala desa. Ini pertama Tebo akan menjadi daerah berkembang," ungkapnya.

Kemudian, sebagai putra asli daerah selama menjabat harus mecetak sejarah, meskipun hanya sebagai Pj Haris juga membatah jika penempatan sebagai Pj hanya titipan.

Persaingan Pj itu susah, pengusulan tidak semua disetujui, banya daerah yang diganti hanya Jambi yang di setujui semua.

"Kalau ada yang bilang, PJ titipan gubernur itu salah. Pak Aspan ini sudah lama dengan saya di Merangin jadi saya tahu bagaimana kinerjanya,"ungkapnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Sudah 4 Periode Duduk di Parlemen, Ini Misi Elviana Maju ke Periode Kelima di DPD RI

Baca juga: Profil dan Biodata Denise Chariesta, Kini Tak Rela Regi Datau Kembali Mesra dengan Ayu Dewi

Baca juga: Soal dan Kunci Jawaban SD Kelas 4 IPAS Halaman 109

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved