Advertorial

Cegah Stunting Sejak Dini, Dinkes Provinsi Jambi Gelar Gerakan Ibu Hamil Sehat dan Bahagia

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kesehatan provinsi menggelar gerakan Ibu Hamil Sehat dan bahagia, dalam rangka menurunkan angka stunting yang

Editor: Suci Rahayu PK
ist
Kegiatan gerakan ibu hamil digelar di UPTD Puskesmas Pal merah II Kota Jambi, 

TRIBUNJAMBI.COM, Jambi Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kesehatan provinsi menggelar gerakan Ibu Hamil Sehat dan bahagia, dalam rangka menurunkan angka stunting yang termasuk dalam intervensi spesifik stunting.

Kegiatan gerakan ibu hamil digelar di UPTD Puskesmas Paal Merah II Kota Jambi, yang dibuka oleh Camat Pal Merah Amran,SE. Dihadiri Kepala UPTD Puskesmas Pal merah II drg.Ani Sinta Dinar, Plt.Kabid Kesmas Dinkes provinsi, Kasi Promkes Dinkes provinsi, ketua Pokja 6 TP PKK Provinsi Jambi, PERSAGI Jambi, POGI Jambi, Kamis (22/12/22).

Camat Paal Merah Amran sangat bangga puskesmas daerahnya dipilih Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menjadi tuan rumah Gerakan Nasional ibu hamil sehat dan bahagia di Kota Jambi yang diadakan serentak seluruh Indonesia.

Kegiatan gerakan ibu hamil digelar di UPTD Puskesmas Pal merah II Kota Jambi,
Kegiatan gerakan ibu hamil digelar di UPTD Puskesmas Pal merah II Kota Jambi, (ist)

“Saya tentu sangat bangga dan berterimakasih, puskesmas diwilayahnya sebagai bagian dari gerakan nasional ibu sehat yang dilaksanakan oleh kementerian kesehatan, tentunya menjadi harapan dapat berperan dalam menurunkan angka stunting”,ujarnya

Kampanye gerakan ibu hamil sehat menyasar kepada ibu hamil melalui aktivitas gerakan pemeriksaan ibu hamil minimal 6 kali selama kehamilan, termasuk 2 kali USG.

Ibu hamil disarankan aktif minum tablet tambah darah, Bumil teratur lakukan pemeriksaan, cukupi konsumsi protein hewani, dan ekslusif beri ASI selama 6 bulan.

Plt Kabid Kesehatan Masyarakat Abbas, yang mewakili Kepala Dinas kesehatan provinsi Jambi dr.Ferry Kusnadi,Sp.OG. menyampaikan bahwa ini merupakan program nasional yang digelar secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia.

Baca juga: Harga Sawit di Jambi Periode 23-29 Desember 2022 - Harga TBS Capai Rp 2.542 per Kg

Baca juga: Daftar Lengkap Formasi PPPK Kemensos, Pendaftaran sscasn.bkn.go.id Sudah Dibuka

“Intervensi spesifik stunting perlu dilakukan sebelum dan setelah kelahiran, melalui fasilitas pelayanan kesehatan pada Ibu Hamil sebagai upaya pencegahan stunting sejak dini serta penurunan resiko kesehatan pada ibu hamil”,tutur Abbas

Pada kegiatan ini, diadakan Talkshow Ibu Hamil Sehat yang dipandu Ketua Pokja 6 TP PKK provinsi jambi Oki permana, narasumber dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Talkshow memberikan pemahaman dan edukasi pada ibu hamil, bagaimana menjaga kesehatan Bumil, pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan janin dan tafsiran masa persalinan.

“Pentingnya Ibu hamil aware terhadap kesehatan dirinya, rutin memeriksakan kandungannya, menjaga konsumsi makanan sehat dan bergizi”,ungkap dr.Nirwan Nugraha,Sp.OG. (*)

 

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Harga Sawit di Jambi Periode 23-29 Desember 2022 - Harga TBS Capai Rp 2.542 per Kg

Baca juga: Dampingi Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat ke SAD 113, Edi Purwanto: Ini Hasil Perjuangan Kita

Baca juga: Polres Merangin Gelar Apel Kesiapan Pengaman Operasi Lilin 2022

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved