Kabupaten Tanjabbar Mendapat Juara 3 dalam Kategori Tari Tradisi di Festival Batang Hari

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dalam Festival Batang Hari mendapat juara 3 kategori tari tradisi.

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Teguh Suprayitno
istimewa
Tari tradisi dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendapat juara 3 pada Festival Batang Hari. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATANGKAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dalam Festival Batang Hari mendapat juara 3 kategori tari tradisi.

Kabupaten Tanjabbar diundang mengikuti festival Batang Hari kategori tari tradisi di depan rumah dinas Gubernur Jambi, dan diikuti oleh perwakilan dari 11 kabupaten kota.

Abdul Latif Kepala Bidang kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabbar mengatakan ini merupakan kemenangan pertama untuk tari tradisi Tanjabbar.

"Setiap ajang tari seni tradisi kita Tanjabbar selalu ikut, di tahun 2019 juga kita ikut membawakan tari batang terendam, tapi baru di festival Batang Hari 2022 ini kita menang dan mendapat juara 3, untuk tari kreasi kita sudah sering menang," jelasnya, Rabu (21/12/2022)

Dalam tari seni tradisi festival Batang Hari kabupaten Tanjabbar membawakan tari mandi 7 bulan.

"Tari mandi 7 bulan ini diangkat dari kebiasaan masyarakat Tanjabbar, kalau perempuan hamil 7 bulan itu ada ritual yaitu mandi 7 bulan," tambahnya.

Abdul Latif melanjutkan mandi 7 bulan dilakukan dengan tujuan menjaga bayi dalam kandungan sehat sampai lahir nanti.

"Untuk penari dibawakan oleh binaan sanggar pinang merah, di bawah binaan Umi Fadilah yaitu ketua tim penggerak PKK," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini Kabid kebudayaan Tanjabbar juga menyampaikan harapannya agar kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat di tanjabbar terus di pertahankan.

"Harapan kita agar kebiasaan yg sering dan masih dilakukan oleh masyarakat di Tanjabbar terus dipertahankan dan kami dari dinas pendidikan dan kebudayaan khusunya bagian kebudayaan akan terus menjaga dan melestarikan tradisi yang ada di tanjabbar salah satunya kita angkat melalui pertunjukan," ucapnya.

"Sesuai dengan undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, kita uapyakan setiap tahun kita akan melaksanakan festival untuk tari tradisi," tutupnya.(adv)

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved