Berita Jambi

Sekda Provinsi Jambi Buka Pembinaan UKS/M, Mewujudkan Sekolah Sehat

Pemerintah provinsi melalui dinas kesehatan provinsi jambi mendorong program UKS/M dapat berjalan di sekolah-sekolah

Editor: Rahimin
istimewa
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H Sudirman membuka kegiatan Pembinaan UKS/M dalam mewujudkan sekolah sehat. 

TRIBUNJAMBI.COM – Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) adalah program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H Sudirman membuka kegiatan Pembinaan UKS/M dalam mewujudkan sekolah sehat, yang diadakan di SMAN 5 Kota Jambi, Selasa (20/12/22).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas kesehatan provinsi jambi ini bertujuan UKS/M menjadi wadah dalam satuan pendidikan untuk menanamkan dan menumbuhkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi anak usia sekolah, para siswa harus menerapkan pola prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sekda H Sudirman selaku pembina TP-UKS Provinsi Jambi menitipkan harapan agar seluruh tim UKS secara berjenjang dapat melakukan pembinaan dengan sebaik-baiknya, terutama menerapkan dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, bebas narkoba, psikotropika, asap rokok, pornografi, kekerasan dan perundungan pada anak, serta pernikahan dini.

SEKDA JAMBI YA BUKA UKS
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H Sudirman foto bersama siswa usai membuka kegiatan embinaan UKS/M.

“Mewujudkan generasi emas Indonesia 2045, tentunya menjadi momentum potensial bila kita siapkan generasi dari sekarang, sekolah menjadi penting dalam membentuk karakter siswa, untuk menjadi pemimpin dimasa depan,” katanya.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jambi Muktamar Hamdi, Kadinkes Provinsi Jambi yang diwakili Kasi Promosi dan pemberdayaan masyarakat Herwan SKM.,MKM, Kepala SMAN 5 Kota Jambi Muhammad Salim, BPOM Jambi, Dinas lingkungan hidup, Kanwil kemenag Jambi, Tim pembina UKS/M Provinsi Jambi, Tim pembina UKS/M Kota Jambi, Tim pembina UKS/M kecamatan Telanaipura.

Pemerintah provinsi melalui dinas kesehatan provinsi jambi mendorong program UKS/M dapat berjalan di sekolah-sekolah, pembina UKS/M dapat memberikan pelayanan terhadap warga sekolah.

Ruang lingkup UKS/M tercermin dalam Tiga program pokok, yakni (1) Pendidikan Kesehatan,yaitu; meningkatkan pengetahuan, perilaku, sikap dan keterampilan hidup bersih, pola hidup sehat, (2) Pelayanan Kesehatan, yaitu; Imunisasi, screening kesehatan, pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut, PHBS, pemberian tablet tambah darah, P3P, P3K, (3) Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat, Yaitu: pelaksanaan 7K (kebesihan, keindahan, kenyamanan, ketertiban, keamanan, kerindangan dan kekeluargaan).

Peran UKS di lingkungan sekolah sangat penting demi kelangsungan kesehatan siswa.

Ruang UKS berfungsi sebagai pertolongan pertama saat siswa sakit atau cedera. Tidak hanya itu, ruang UKS juga bisa menjadi tempat belajar seputar kesehatan.

Kepala SMAN 5 Kota Jambi Muhammad Salim berharap kegiatan ini menjadi motivasi buat jajarannya agar menjadi lembaga pendidikan yang aman dan nyaman pada 1.262 Siswanya,

“Walaupun tak mudah untuk menghilangkan bullying seratus persen di sekolah, dengan dukungan dan arahan dari Pemerintah Provinsi Jambi diharapkan menjadi acuan bagi kami agar lebih baik, bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para siswa," ujarnya.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Jelang Nataru Pemkot Jambi Minta Bulog Masukkan Beras Medium ke Swalayan, Sekda: Supaya Ada Pilihan

Baca juga: Sekda Sudirman: PPK Harus Kuasai Perjanjian Kerja

Baca juga: Sekda Jambi Sebut Jalan Khusus Batu Bara Miliki Kendala, Harga Tanah Naik 500 Kali Lipat

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved