Tingkatkan Literasi, SDN 5 Tanjung Jabung Barat Gelar Lomba Literasi

SDN 5 Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) mengadakan Lomba Literasi dengan berbagai macam jenis lomba. 

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Teguh Suprayitno
ist
SDN 5 Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) mengadakan Lomba Literasi dengan berbagai macam jenis lomba.  

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Tingkatkan literasi di lingkungan sekolah, SDN 5 Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) mengadakan Lomba Literasi dengan berbagai macam jenis lomba. 

Mulai dari lomba bertutur, pemilihan duta literasi, lomba pembacaan UUD 45 dan lomba membuat poster menjaga lingkungan dan larangan merokok.

Sampurna, Fasilitator Daerah (Fasda) Tanoto Foundation Mata Pelajaran IPS mengatakan Lomba literasi  ini berlangsung selama empat hari.

Untuk tim juri, sekolah mendatangkan dari Perpustakaaan Daerah Tanjung Jabung Barat, Duta Baca Provinsi Jambi dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jambi.

Anak-anak yang mengikuti lomba literasi ini sangat antusias dengan tampil menggunakan pakaian adat. Tidak hanya anak-anak, para orangtua juga antusias dengan terselenggaranya kegiatan ini.

Masing-masing kegiatan lomba literasi ini perdana digelar dan merupakan tindak lanjut dari kegiatan literasi mingguan di sekolah tersebut.

Baca juga: Dukung Peningkatan Profesionalisme Guru dan Kepsek, Tanoto Foundation Buka Pelatihan e-PINTAR

Masing-masing lomba diikuti 12 peserta mewakili masing-masing kelas.

"Lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam hal literasi, melatih kemampuan berbicara anak, berkelompok, dan melatih anak untuk berani tampil. Selain itu kegiatan ini juga diharap dapat meningkatkan budaya baca dan memotivasi anak-anak lainnya," jelas Musdalifah Albasra Kepala Sekolah SDN 5/V Kuala Tungkal, Kamis (15/12/2022).

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan budaya membaca pada anak dan meningkatkan nilai mutu literasi sekolah yang terus membaik.

Penutupan dan pembagian hadiah untuk para pemenang dilaksanakan Jumat (16/12/2022) dengan mengundang pihak dinas kabupaten, pengawas komite kelas, dan orangtua wali murid pemenang.

Ke depannya lomba literasi akan menjadi agenda tahunan SDN 5 Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Baca juga: Tanoto Foundation Investasi Rp450 Miliar untuk Dukung Pemerintah Tingkatkan Pendidikan

"Karena ini perdana baru empat jenis lomba saja, tetapi kedepan jenis lomba seperti membaca puisi,  berbalas pantun, pantomime, dan lainnya," tutup Asmarida Fasda Tanoto Foundation.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved