Mulai Bulan Depan Pemprov Jambi Bakal Terapkan Arturan Ganjil Genap untuk Angkutan Batu Bara

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perhubungan resmi akan terapkan ganjil genap pada angkutan batu bara yang melintasi jalan umum di Jambi.

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Teguh Suprayitno
Istimewa
Polda Jambi razia truk batu bara 

 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI- Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perhubungan resmi akan terapkan ganjil genap pada angkutan batu bara yang melintasi jalan umum di Provinsi Jambi.

Aturan genap ganjil ini akan diberlakukan pada bulan Januari 2023. Penerapan genap ganjil ini semua mobil angkutan Batubara dari mulut tambang menuju pelabuhan masing-masing dipasangkan nomor stiker khusus dari Dinas Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Ismed Wijaya mengatakan, untuk mengatasi persoalan angkutan batu bara di Jambi, dirinya sudah memanggil semua pihak perusahaan tambang batu bara, transportir dan pihak pelabuhan untuk mensosialisasikan aturan genap ganjil tersebut.

"Hari ini sudah hari kelima kami Dinas Perhubungan rapat bersama pihak perusahaan batu bara di Jambi, dalam rapat ini kita mensosialisasikan terkait penerapan aturan genap ganjil terhadap angkutan Batubara di Provinsi Jambi. Aturan ini akan dilakukan pada Januari 2023. Aturan ini juga saya persembahkan bertepatan hari ulang tahun pemerintah Provinsi Jambi," kata Ismed Wijaya, Jumat (09/12/22).

Ia juga mengatakan dari aturan genap ganjil terhadap angkutan Batubara di Jambi juga sudah disepakati oleh pihak perusahaan, transpotir dan pihak pelabuhan.

Dirinya berharap dari aturan ini, bisa didukung oleh semua pihak, agar persoalan angkutan batu bara di Provinsi Jambi dapat diatasi sehingga tidak terjadi lagi kemacetan.

"Mekanisme aturan genap ganjil masing-masing mobil angkutan batubara dipasang nomor stiker, dalam sehari jumlah angkutan batubara dari mulut tambang menuju pelabuhan dibolehkan lebih kurang 4.650 unit dengan ketentuan harus bernomor stiker ganjil genap,"ungkapnya.

Penerapan genap ganjil ini tidak menggunakan nomor pelat mobil tapi dilihat dari nomor stiker yang dipasang oleh Dinas Perhubungan.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Nekat Lewat Jalan Ness Rute Bulian-Jambi, Truk Angkutan Batu Bara Terperosok

Baca juga: Truk Bermuatan Batu Bara Kembali Beroperasi, Gubernur: Kalau Macet Tidak Bisa Dihindari

Baca juga: Ratusan Personel Amankan Arus Lalu Lintas Truk Batu Bara dari Simpang BBC hingga Koto Boyo

 

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved