Soal Kenaikan UMK, Ini Kata Wali Kota Jambi

Dewan Pengupahan Kota Jambi mengusulkan kenaikan UMK Jambi sebesar Rp. 3.230.207 atau naik sebesar 8,681 persen dari upah minimum Kota Jambi 2022.

Tribunjambi/Srituti Apriliani Putri
Wali Kota Jambi Syarif Fasha. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dewan Pengupahan Kota (Depeko) Jambi mengusulkan kenaikan UMK Jambi sebesar Rp. 3.230.207 atau naik sebesar 8,681 persen dari upah minimum Kota Jambi tahun 2022.

Jika hal tersebut disetujui, maka UMK Jambi menjadi upah minimum paling tinggi se-provinsi Jambi.

Meski demikian, Wali Kota Jambi Syarif Fasha saat dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan pihaknya belum menandatangani SK yang diusulkan Depeko Jambi. Lantaran dalam berita acara rapat Depeko Jambi, tidak ada persetujuan dari pihak pengusaha.

"SK-nya sudah naik ke saya tapi belum saya sahkan, karena saya lihat dewan pengupahan itu tidak ada unsur pengusaha," kata Fasha. Rabu, (7/12/2022).

Untuk diketahui, pada saat rapat Depeko Jambi pihak Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyatakan walkout dari rapat tersebut.

Baca juga: UMP Jambi Telah Ditetapkan, Kadisnakertrans: UMK di Tiap Daerah Sedang Berproses

"Saya juga mau panggil dinas terkait, Dinas Tenaga Kerja kenapa tidak ada perwakilan pengusaha karenakan yang mau gaji pengusaha," terangnya.

Ia mengatakan, pihaknya masih akan menunggu persetujuan dari para pengusaha.

"Takutnya kita buat SK kalau pengusaha menolak mau apa juga. Mau ditanya seperti apa kalau asosiasi pengusaha setuju baru nanti bisa ditandatangani," pungkasnya.

Sementara itu diketahui Selasa, (6/12/2022) kemarin Dewan Pengupahan Provinsi Jambi kembali melakukan rapat pleno membahas penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) yang telah disampaikan kabupaten/kota ke pihak pemerintah Provinsi Jambi.

Baca juga: Merangin Belum Tetapkan UMK 2023, Jumat Dewan Pengupahan Bakal Rapat dengan Bupati

Dalam rapat tersebut, turut hadir seluruh perwakilan dewan pengupahan yang terdiri dari unsur pemerintah, perwakilan buruh, Assosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jambi serta pakar atau akademisi.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved