Pernikahan Putra Jokowi

Kaesang Antar Undangan ke Rumah SBY, Pastikan Hadiri Pernikahan Anak Jokowi

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana menghadiri pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep

Editor: Fifi Suryani
BIRO PERS/CAHYO BRURI SASMITO
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kanan). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana menghadiri pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Hal itu diungkapkan staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, saat dikonfirmasi Tribun Senin (5/12).

Ossy menyebut, Kaesang yang langsung mengantarkan undangan tersebut ke kediaman SBY ke Cikeas, Bogor,Jawa Barat. "Undangan tersebut disampaikan langsung oleh mas Kaesang kepada Bapak SBY pada hari Sabtu, 3 Desember 2022 di kediaman Cikeas," ujar Ossy.

"Inshaallah (Pak SBY) hadir," lanjutnya.

Untuk diketahui, prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal dilaksanakan di Yogyakarta pada Sabtu (10/12). Sementara itu prosesi di Solo adalah resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang dilaksanakan Minggu (11/12) dari pagi sampai malam.

Ratusan CCTV

Polda Jawa Tengah dan instansi terkait akan memonitor situasi kota Surakarta melalui ratusan kamera CCTV saat resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran. Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy menyampaikan ratusan CCTV tersebut sengaja dipasang dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat saat acara tersebut.

"Ratusan kamera CCTV itu tersebar di beberapa tempat dan terhubung dengan back office Solo Smart City," ucap Kombes Iqbal. Dia menjelaskan, ketika terjadi peristiwa tertentu atau gangguan perlambatan lalu lintas, kerumunan massa atau laporan lainnya petugas quick respons akan cepat mendatangi TKP.

"Petugas akan datang ke lokasi dengan cepat untuk mengurai persoalan," jelasnya.

Diungkapkannya, kepolisian telah menempatkan ribuan anggota di titik-titik pemusatan massa di kota Surakarta. "Sedangkan untuk mengurai potensi kemacetan lalu lintas, kepolisian telah menempatkan tim urai di lima polsek Polresta Surakarta. Mereka dilengkapi dengan alat komunikasi canggih dan siap digerakkan sewaktu-waktu," terangnya

Kombes Iqbal menuturkan, dari preduksi back office Solo Smart City pada Minggu (11/12) perkiraan rata-rata kendaraan terbanyak ada di beberapa titik. "Yaitu di rute Gendengan, Sriwedari, Ngapeman, Ngarsopuro, Nonongan, Gladag, dan Pasar Gede sebanyak 6.250 kendaraan," ucapnya.

Kombes Iqbal menambahkan, untuk rute lain sebanyak 3.000 kendaraan. "Quick respons akan akan didukung oleh ambulans sebanyak 15 unit, pemadam kebakaran 8 unit, dan mobil patroli 9 unit setiap saat siap digerakkan," ujarnya.

Para undangan resepsi ngunduh mantu Presiden Joko Widodo di Mangkunegaran pada tanggal 11 Desember 2022 mendatang, akan menikmati berbagai fasilitas transportasi, termasuk ratusan andong dan becak. Ratusan kendaraan tradisional tersebut, didatangkan dari sejumlah kabupaten di sekitar Surakarta sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam iku mangayu bagyo pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

"Ratusan andong dan becak tersebut nanti dikhususkan untuk mengangkut para tamu resepsi ngunduh mantu putra Presiden Jokowi, terutama bagi mereka yang berasal dari luar daerah dan tidak menginap di hotel," kata Iqbal.

Bagi para tamu yang menginap di 12 hotel di Surakarta, lanjutnya, akan diangkut menuju lokasi resepsi dengan shuttle bus. Shuttle bus, kata dia, akan diberangkatkan sesuai dengan jam keberangkatan sesuai undangan menuju lokasi resepsi.

"Undangan yang diperkirakan hadir sekitar 6000 orang. Dipastikan keberangkatan mereka ke lokasi resepsi akan lancar, karena panitia sudah menyiapkan berbagai sarana transportasi," kata Kombes Iqbal. Ditambahkannya, panitia secara khusus menyediakan sejumlah kantong parkir bagi para tamu undangan resepsi.

"Khusus tamu yang membawa mobil dan tidak menginap di hotel disediakan lokasi parkir di Benteng Vastenburg dan stadion Manahan, Dari 2 lokasi tersebur mereka akan difasilitasi dengan andong dan becak untuk menuju lokasi resepsi di Pura Mangkunegaran," tambah Iqbal.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved