Wisuda ke- 52, Universitas Batanghari Luluskan 491 Wisudawan Program Magister dan Sarjana

Unversitas Batanghari menggelar sidang senat dalam rangka wisuda ke 52 program magister dan sarjana semester ganjil tahun akademik 2022/2023 di Abadi.

Penulis: anas al hakim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Anas
Unversitas Batanghari menggelar sidang senat dalam rangka wisuda ke 52 program magister dan sarjana semester ganjil tahun akademik 2022/2023 di Abadi Convention Center, pada Sabtu (3/12/2022). 

TRIBUN JAMBI.COM, JAMBI – Unversitas Batanghari menggelar sidang senat dalam rangka wisuda ke 52 program magister dan sarjana semester ganjil tahun akademik 2022/2023 di Abadi Convention Center, pada Sabtu (3/12/2022).

Wisuda ke 52, dibuka oleh Pj. Rektor Universitas Batanghari Prof. Dr. Herri, SE, MBA. Meluluskan sebanyak 491 orang mahasiswa yang berasal dari lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S.2) sebanyak 60 orang, lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S.1) sebanyak 431 orang.

Pada Jenjang Pendidikan S.2, terdiri dari lulusan Program Studi Magister Ilmu Hukum sebanyak 45 orang dan Lulusan Program Studi Magister Manajemen sebanyak 15 orang. Pada Jenjang Pendidikan S.1 terdiri dari lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 65 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 172 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 65 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 172 orang.

Fakultas Hukum sebanyak 124 orang, Fakultas Teknik sebanyak 51 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 19 orang. Dengan diwisudanya sebanyak 491 lulusan pada hari ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 16.635 orang.

Wisuda Unbari ke 52
Unversitas Batanghari menggelar sidang senat dalam rangka wisuda ke 52 program magister dan sarjana semester ganjil tahun akademik 2022/2023 di Abadi Convention Center, pada Sabtu (3/12/2022).

Hal tersebut di ungkapkan oleh Pj. Rektor Universitas Batanghari Prof. Dr. Herri, SE, MBA. Dari 491 lulusan yang diwisuda hari ini, terdapat beberapa orang wisudawan yang memperoleh prestasi akademik sebagai lulusan terbaik dari masing-masing fakultas menurut jenjang pendidikan yang ada. Sebagai apresiasi atas prestasi yang dicapainya, maka kepada lulusan terbaik tersebut diberikan piagam penghargaan dari univeritas.

Berikut nama-nama lulusan terbaik pada wisuda periode ini adalah
1) JASRIL, dari Program Studi Magister Ilmu Hukum, IPK. 3,95, predikat lulus dengan Pujian.
2) ISWANTO, dari Program Studi Magister Manajemen, IPK. 3,91, predikat lulus dengan pujian.
3) BRIANDO TUMANGGOR, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IPK. 3,92, predikat lulus dengan pujian.
4) DWI WULANDARI, dari Fakultas Ekonomi, pada Program Studi Manajemen, IPK. 3,93, predikat lulus dengan Pujian.
5) CRISTIN DISEFATALIA HUTAJULU, dari Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum, IPK. 3,89, predikat lulus dengan pujian.
6) MUHAMAD FADLI, dari Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Lingkungan, IPK. 3,61, Predikat Lulus "Sangat Memuaskan"
7) ARDESI SAKBANIA, dari Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis, IPK. 3,95, predikat lulus dengan pujian.

“Dari kesemua lulusan terbaik tersebut, dipilih satu orang pemuncak atau lulusan terbaik tingkat Universitas dengan Indek Prestasi Komulitif (IPK) tertinggi yakni ARDESI SAKBANIA, dari Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis, dengan IPK 3,95 predikat lulus dengan pujian atau Cumlaude,”ujarnya.

Prof. Dr. Herri, SE, MBA menyampaikan bahwa dari 491 orang lulusan yang diwisuda pada pagi ini, sebanyak 298 orang (60,69 persen) lulus dengan IPK diatas 3,50 dan sebanyak 173 orang (35,23 % ) lulus dengan IPK pada kisaran antara 3,00 - 3,50.

Dilihat dari predikat kelulusan maka, terdapat sebanyak 112 orang wisudawan (22,81 % ) lulus dengan Predikat kelulusan "Dengan Pujian" (Cumlaude) dan 187 orang (38,09 % ) lulus dengan Predikat "Sangat Memuaskan". Sedangkan masa penyelesaian studi wisudawan, sebanyak 61 orang (12,42 % ) berhasil menyelesaikan studinya kurang dari 4 tahun, dan sebanyak 356 orang (72,51 % ) menyelesaikan studi selama 4-5 tahun.

Disamping pencapaian Prestasi bidang akademik, kami juga mencatat prestasi bidang non akademik yang dicapai oleh mahasiswa. Berikut beberapa prestasi non akademik yang dicapai oleh mahasiswa Unbari pada periode bulan Juni hingga November 2022 sebagai berikut :
1. Rizal Purnama, Mahasiswa Penggerak pada Program MBKM Kemendikbutristek tahun 2022
2. Aisah Ahmad dan Risma Dilla, Juara II pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tingkat Perguruan Tinggi se-Provinsi Jambi, dalam rangka memperingati HAKTEKNAS ke 27 Tahun 2022
3. Meisya Mutiah, Finalis Top Ten Putri Hijabfluencer Indonesia tahun 2022 dan menjadi pemenang Brand Ambasador Produk Kecantikan, yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 21-25 November 2022
4. Nuzul Hafizha Asyari, Juara On MIPA tingkat LLDIKTI wilayah X bidang Kimia, yang kemudian mewakili LLDIKTI wilayah X untuk mengikuti Kompetisi Olimpiade MIPA tingkat nasional di Universitas Brawijaya Malang pada tanggal 19-23 September 2022
5. Ahmad Surya Dede, Juara umum II Kejurnas Drag Race 2022 Minang Kabau di Padang Sumatera Barat pada tanggal 19 - 20 November 2022.
6. Diva Ananda, Juara I Lomba Cipta Puisi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Provinsi Jambi, atas prestasi tersebut yang bersangkutan mengikuti kegiatan yang sama untuk tingkat nasional (PEKSIMINAS) yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang pada tanggal 24 - 28 Oktober 2022, Alhamdulilah berhasil meraih juara III.

“Bagi yang belum bergabung dengan unbari, mari kita bergabung, karena dosen-dosen kita 23 persen nya sudah doktor, ini menunjukkan bahwa proses pendidikan di unbari mengikuti standar bahkan diatas standar,”tambahnya.

Prof. Dr. Herri, SE, MBA mengapresiasi kepada anak-anak yang berkinerja baik akdamis maupun di luar akademis, dan sekaligus mendapatkan support dari bank yakni BNI dan Bank BPD Jambi untuk mendapatkan apresiasi penghargaan kepada anak-anak yang berprestasi.

“Harapan saya untuk alumni unbari agar bisa mengamalkan ilmunya dengan baik, serta bekal-belak yang diberikan oleh unbari diharapkan cukup. Saya selalu mengingatkan jangan terpaku kepada ASN, harus punya idek kreatif untuk bisnis mengelola sumber daya alam demi menghasilkan barang dan jasa, serta utamakan kejujuran dan integritas,”tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Alharis dalam sambutannya, mengatakan dengan hadirnya unbari merupakan Perguruan Tinggi Swasta pertama di Jambi lahir pada 1977 yang telah menciptakan banyak generasi yakni Gubernur, Sekda dan sejarah Unbari ini tidak bisa dipisahkan dari keberadaan oleh pemerintah Provinsi Jambi.

Oleh karena itu Pemprov punya tanggung jawab moril terhadap kelangsungan pendidikan di kampus unbari ini, agar public tau bahwa dibelakang unbari masih ada pemerintah gubernur yang membutuhkan unbari tetap eksis selama-lamanya di Jambi, karena ini berdampak luarbiasa dalam rangka membangun Jambi.

“Harapan saya, kepada alumni dimanapun berada jaga kehormatan toga unbari, jaga kualitasnya, jaga integritas dan pakailah ilmu padi semakin berisi semakin menunduk, semkain punya ilmu semakin punya etika serta punya akhlak dimata masyarakat,”ujarnya.

“Dan kepada senat Guru Besar, Dekan, Dosen , jangan ragu-ragu kami Pemprov tetap bersama unbari untuk membenahi kampus yang kita cintai ini bersama-sama,” tutupnya.(adv)

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved