Berita Jambi

Sekda Provinsi Jambi Akui Banyak OPD Masih Sulit Terapkan Dumisake

Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengakui penerapan program Dua Miliar Satu Kecamatan (Dumisake) gagasan Gubernur Al Haris belum berjalan maksimal karena

Tribunjambi.com/Wira Dani Damanik
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengakui penerapan program Dua Miliar Satu Kecamatan (Dumisake) gagasan Gubernur Al Haris belum berjalan maksimal karena sejumlah kendala.

Hal itu disampaikan Sekda usai rapat paripurna penetapan anggaran 2023. Dia menyampaikan sejumlah evaluasi terkait pelaksanaan program dumikasi itu.

"Dumisake memang kita sadari betul ada keterlambatan dan kekurangan pemahaman dari OPD-OPD terkait merealisasikan program Dumisake, kenapa seperti itu karena pengalokasian program yang tidak mudah," katanya.

Sudirman kemudian menjelaskan bahwa pengalokasian program Dumisake, terdiri dari format belanja modal, belanja hibah, dan ada yang format bantuan sosial.

"Kita juga menemui kendala, program kegiatan ala Dumisake ini nomenklatur di SIPD nya belum muncul, sehingga baru dapat dialokasikan di APBD perubahan kemarin," tambahnya.

Diungkapkan Sudirman bahwa belum utuhnya pemahaman OPD terkait dalam penerapan dumisake karena baru berjalan lebih kurang satu tahun.

"Kita harapkan di Triwulan I tahun depan sudah bisa tuntas dan kita ada tahapan evaluasi di kemendagri, saya melihatnya program ini berjalan tapi memang terlambat," ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa beberapa program dalam dumisake mulai berjalan, seperti satu kampung satu tahfiz dan program beasiswa pendidikan.

"Berhasil atau tidaknya itu kita lihat indikatornya di RPJMD dan capainnya, nanti akan kita lihat di tahun 2024 karena masanya Gubernur kan sampai tahun depan," tutupnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: DPRD Provinsi Jambi Minta Nomor Lambung Sudah Wajib Dipasang di Badan Truk Batu Bara

Baca juga: Minggu Depan ASN Eselon III dan IV di Tebo Bakal Assesmen

Baca juga: Gerindra Targetkan 11 Kursi DPRD Provinsi Jambi Pada Pileg 2024

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved