Wawancara Eksklusif

Sosok Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Sejak SD Bantu Ibu Jual Cendol

Diketahui, Irjen Pol Rusdi Hartono resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda Jambi pada Selasa 18/ Oktober 2022 lalu

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/aryo tondang
Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono menerima cinderamata dari Pemimpin Redaksi Sulistiono, Senin (25/10/2022) pagi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sosok pemimpin di institusi Kepolisian dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) atau bintang dua ternyata tidak selalu lahir dari kalangan orang berada dan punya latar belakang keluarga yang berpengaruh.

Kisah sebaliknya justru datang dari Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono.

Diketahui, Irjen Pol Rusdi Hartono resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda Jambi pada Selasa 18/ Oktober 2022 lalu di Mabes Polri.

Mengulik lebih jauh, Irjen Pol Rusdi Hartono ternyata terlahir dari keluarga sederhana. Masa kecilnya pernah ia habiskan untuk berjualan cendol hingga karier sang ayah di kepolisian dengan pangkat terakhir Iptu yang bertugas di Polda Metro Jaya, yang hanya mengurus surat menyurat.

Sementara sang ibu, sudah selalu berdagang sejak Rusdi kecil, mulai dari dagang nasi uduk, gorengan serta berjualan cendol untuk membantu kehidupan keluarga.

Kepada Tribunjambi.com, Irjen Pol Rusdi Hartono menceritakan kehidupannya dahulu, yang harus membantu keluarga dalam kehidupan sehari-hari, hal itu dilakukan, karena didikan sang ayah untuk bekerja jujur dan ikhlas.

Pengabdian dan kejujuran sang ayah sebagai anggota Polri, jadi motifasi dan pegangan kuat Irjen Pol Rusdi Hartono hingga saat ini.

Berikut kutipan wawancara khusus tribun jambi dengan Irjen Pol Rusdi Hartono:

Gimana rasanya tugas di Jambi?

Rusdi: Tentunya ini menjadi bagian ketika pimpinan memberi kepercayaan kepada saya, dan saya wajib melaksanakan itu dengan sebaik-baiknya. Dan sampai sekarang masih berjalan sesuai dengan rencana.

Apakah sebelumnya pernah ke Jambi?

Rusdi: Sebelumnya saya pernah sekali ke Jambi, waktu proses atuopsi ulang Almarhum Brigadir Yosua, waktu itu saya dari Sespim Polri, itu yang pertama. Dan yang kedua sudah jadi Kapolda.

Kesan tentang Jambi, setelah menjabat sebagai Kapolda?

Rusdi: Pertama saya lihat masyarakatnya sangat terbuka, segala sesuatunya bisa dimusyawarahkan. Saya rasa ini menjadi sesuatu yang baik, ketika masyarakatbterbuka dengan Polri, tentunya dengan keterbukaan ini kita menjadi tahu, Polri harus melakukan apa, dan ketika kita melakukan sesuatu masyarakat juga tidak segan-segan memberikan apresiasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved