Berita Muaro Jambi

Bappeda Muaro Jambi Gelar FGD Renja Forum DAS

emerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui Badan Perencanaan Perencanaan Daerah (Bappeda) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan

Penulis: Muzakkir | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi.com/Muzakkir
Bappeda Muaro Jambi Gelar FGD Renja Forum DAS 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui Badan Perencanaan Perencanaan Daerah (Bappeda) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2023. Selasa (29/11).

Kepala Bappeda Kabupaten Muaro Jambi yang juga merupakan Sekretaris Forum DAS Muaro Jambi, Taufik Hidayat menyebutkan, bahwa program pengelolaan DAS merupakan upaya manusia dalam mengatur hubungan timbal balik antara sumber daya alam bagi manusia secara berkelanjutan.

"Tentu saja dalam pengelolaannya tetap memperhatikan prinsip-prinsip dasar diantaranya dilaksanakan secara terpadu, melibatkan para pemangku kepentingan bersifat adaptif terhadap perubahan kondisi yang dinamis sesuai karakteristik," kata Taufik Hidayat.

Forum DAS adalah wadah koordinasi antar instansi penyelenggara pengelolaan sebagai wadah tempat bertukar pikiran dan menyatukan pemangku kepentingan. Selain itu, juga dilaksanakan dengan pembagian tugas dan fungsi serta pengelolaan yang berdasarkan pada asas akuntabilitas forum koordinasi pengelolaannya.

"Ini dalam upaya mendukung pengelolaan DAS secara terpadu. Maksud penyusunan rencana kerja forum adalah untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan penguatan Forum DAS Kabupaten Muara Jambi," jelasnya.

Forum DAS Muaro Jambi sendiri, kata Taufik, susunan keanggotaannya terdiri dari unsur OPD teknis antara lain Bupati Muara Jambi selaku pembina forum, Sekretaris Daerah selaku Ketua Forum dan Kepala Bappeda selaku sekretaris forum serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi selaku wakil sekretaris.

"Anggota berjumlah 28 anggota yang terdiri dari unsur kepala OPD terkait, unsur akademisi, BUMN dan perusahaan swasta, unsur pemuda peduli lingkungan dan wisata dan juga kelompok tani binaan forum," jelasnya.

Tugas forum DAS antara lain melakukan pengkajian tentang kebijakan rencana pelaksanaan kegiatan dan dampak kegiatan pengelolaan DAS sebagai masukan kepada pengambil keputusan baik kepada eksekutif maupun legislatif tingkat kabupaten.

"Selain itu juga memberikan masukan dalam penyusunan rancangan kebijakan pengelolaan DAS secara terpadu,"ujarnya.

Dia berharap, pertemuan yang dilaksanakan pada kesempatan ini akan dapat memberikan dampak yang bermanfaat bagi pembangunan di Kabupaten Muaro Jambi.

"Semoga dapat memberikan hasil yang maksimal. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada semua pihak sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik," tukasnya.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Ketua Forum DAS Provinsi Jambi, Tagor Mulia Nasution. Turut hadir stakeholder dan pihak terkait lainnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Apresiasi Atlet Tinju Merangin Sabet Emas di Kejurprov 2022

Baca juga: Dewi Perssik Tolak Berdamai dengan Wanita yang Menghujatnya, Minta Winarsih Tetap Diproses Hukum

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved