Tips Liburan Murah Ala Sari, Pentingnya Buat Rencana Perjalanan

Merencanakan perjalanan wisata menjadi sangat penting untuk para traveler agar bisa menikmati liburan dan tetap hemat uang.

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Teguh Suprayitno
ist
Sari dan saudarinya saat melakukan perjalan wisata ke Thailand beberapa tahun yang lalu. 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Merencanakan perjalanan wisata menjadi sangat penting untuk para traveler agar bisa menikmati liburan dan tetap hemat uang.

Putri Melia Sari Traveler Jambi yang sering melakukan perjalanan backpacker mengatakan sebelum melakukan perjalanan dia selalu membuat  rencana perjalanan.

"Ini sangat penting sekali, jangan sampai setelah tiba di lokasi bingung mau ngapain, atau baru memikirkan mau kemana, kondisi ini tentunya sangat menghabiskan waktu dan energi," ujarnya Kamis (24/11/2022).

Menurut Sari hal pertama yang harus di lakukan dalam membuat itinerary adalah menentukan tujuan dan menyesuaikan dengan budget.

"Untuk menentukan tujuan itu harus jauh-jauh hari, karena ini berhubungan dengan harga tiket dan hotel," ungkapnya.

Lebih lanjut Sari menceritakan setelah menentukan tujuan kita mulai melakukan hunting tiket, untuk hunting tiket sendiri dimulai 6 bulan sebelum keberangkatan.

Sembari mencari tiket murah, mulai lah dilakukan mencari informasi tentang destinasi tujuan, mulai dari hotel, destinasi wisata, transportasi lokal dan tempat makan.

Baca juga: Alasan Mobil Tipe MPV Nyaman Dipakai Untuk Berpergian atau Traveling

Setelah mengetahui kondisi tujuan, kemudian dilakukan penjadwalan kegiatan mulai dari hari pertama hingga terahir.

"Jadwal perjalan ini menjadi sangat penting untuk kita patuhi agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran dan menghabiskan waktu sia-sia," katanya Sari.

Untuk tempat tinggal para backpaker biasanya memanfaatkan hostel yang menyediakan dormitory room dan menghindari hotel karena biaya lebih murah.

Dormitory merupakan kamar dengan banyak tempat tidur, satu kamar bisa untuk lima sampai delapan orang.

Hostel menyediakan fasilitas seperti kamar mandi, dapur, ruang internet, tempat menyetrika, dan lainnya bisa digunakan untuk bersama-sama.

Tujuannya adalah agar para penghuni hostel bisa saling berbagi pengalaman dan berinteraksi satu sama lain. Pengusaha hostel tidak menyewakan kamar tapi menyewakan tempat tidur.

Baca juga: Alasan Mobil Tipe MPV Nyaman Dipakai Untuk Berpergian atau Traveling

Sedangkan untuk yang memiliki banyak uang, biasanya lebih memilih hotel dengan fasilitas lebih baik dan nyaman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved