Bawaslu Luncurkan SIPS, Penyelesaian Sengketa Pemilu Lebih Transparan dan Mudah

Bawaslu RI meluncurkan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa versi 3.0 dalam rangka meningkatkan aksesibilitas layanan penyelesaian sengketa Pemilu.

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi.com/Danang Noprianto
Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bawaslu RI meluncurkan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) versi 3.0 dalam rangka meningkatkan aksesibilitas layanan penyelesaian sengketa proses pemilu melalui sistem informasi dan teknologi.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin menjelakan bahwa SIPS versi 3.0 ini menjawab permohonan online secara lebih cepat, dan aman, Sehingga Bawaslu dapat menjadi tempat pertama jika masyarakat, partai politik (parpol), pemangku kepentingan jika ingin mengetahui putusan yang telah ada bahkan terbaru sekalipun.

"SIPS ini untuk partai politik dapat mengajukan gugatan ke Bawaslu akibat keputusan KPU, misal seperti lima partai yang kemarin mengajukan gugatan, KPU memutuskan partai lima partai tidak lolos verifikasi administrasi, SK itu atau berita acara Pleno itu dapat digugat, ke bawaslu ke SIPS," ujarnya, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Bawaslu Provinsi Jambi Imbau Masyarakat Laporakan Dugaan Pelanggaran Pemilu Melalui SiGapLapor

SIPS ini merupakan aplikasi yang sudah cukup lama, hanya saja versi terbaru baru saja di launching untuk versi 3 nya.

"Jadi sudah lama, memasuki generasi ketiga, dengan fiturnya lebih bagus," ucapnya.

Semantara itu tindak lanjut sengketa yang sudah dilakukan Bawaslu di SIPS ini lima partai yang gigatannya dikabulkan Bawaslu diberikan waktu untjk melengkapi dokumen di KPU dan mempersiapakan verkin dan verfak.

Baca juga: Bawaslu Provinsi Jambi Raih Predikat Informatif Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu Provinsi 2022

"Ini sudah berjalan di lima partai ini yang mengajukan gugatan ke Bawaslu RI kita melakukan pemeriksaan dan diberi waktu ulang untuk memasukan data ulang ke KPU," ucapnya.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved