Berita Batanghari

Pemda Gandeng IMI untuk Pembangunan Sirkuit Permanen di Batanghari

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari berencana pada 2023 membangun sirkuit balap permanen.

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi.com/Musawira
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Batanghari Abdul Shomad 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari berencana pada 2023 membangun sirkuit balap permanen.

Terkait pembangunan sirkuit tersebut, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Batanghari, Abdul Shomad mengatakan belum ada kriteria nama sirkuit balap motor yang terletak di Kelurahan Rengas Condong, Kecamatan Muara Bulian.

Ia akan berkoordinasi dengan bagian penamaan Sekretaris daerah serta minta petunjuk dan izin pimpinan tertinggi daerah.

"Kita akan minta petunjuk terkait nama sirkuit dan tetap izin pimpinan tertinggi melalui Bupati atau Sekda. Nanti bisa berpola seperti KONI juga lah, apa nanti di sayembara,"

"Kalau memang mampu untuk skala Internasional, kenapa harus Nasional. Makanya kami menggandeng kawan-kawan IMI, itu tujuannya. Supaya perencanaan tak sia-sia," katanya.

Shomad mengaku akan menyiasati kantung parkir kendaraan penonton. Ia mengklaim perihal ini tak terlampau menjadi kendala berarti. Apalagi kondisi pemukiman warga sekitar pembangunan sirkuit agak berjarak.

"Kalau di sana tak terlampau ramai. Kemudian lokasinya sangat strategis, berdampingan dengan jalan Provinsi. Paling masalah arus lalu lintas, itu kan tinggal rekayasa lalu lintas kalau memang penonton membludak," ujarnya.

Shomad bilang ada beberapa solusi. Pertama, kalau eventnya berasal dari Pemkab Batanghari, maka semua aset Pemkab akan digunakan. Mulai dari kuburan cina, rumah potong hewan dan perumahan relokasi, areal parkir kendaraan cukup luas.

"Kalaupun nanti tak mumpuni atau tak mampu, tentu kita harapkan kerjasama masyarakat sekitar. Secara lahan kalau untuk kantong parkir sangat memadai," katanya.

Sementara itu, untuk tahap pembangunannya pada Februari 2023, jika tak ada kendala.

Sirkuit balap motor permanen sudah go secara fisik. Hal ini karena DED fisik sudah rampung di APBD-P 2022. Bahkan seharusnya Januari 2023 mendatang, tendernya sudah bisa tayang.

"Pembangunan sikuit balap motor permanen merupakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Batanghari. Meski masuk dalam visi misi, pembangunan sirkuit pasti punya input," pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Ketua DPRD Provinsi Jambi Terima Masyarakat Batanghari, Audiensi Persoalan Angkutan Batu Bara

Baca juga: Sempat Dianggap Bangkrut, Kakak Rizky Billar Ungkap Pekerjaan Baru Sang Adik

Baca juga: Masyarakat Batanghari Desak DPRD Provinsi Jambi Buat Solusi Jangka Pendek Soal Angkutan Batubara

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved