Macet di Jambi

Perbaikan Jalan Sridadi-Batanghari, Polda Jambi Akan Hentikan Sementara Operasional Truk Batubara

Menurut Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak BPJN untuk segera dilakukan perbaikan jalan

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rahimin
istimewa
Direktur Lalu Lintas Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi. Perbaikan Jalan Sridadi-Batanghari, Polda Jambi Akan Hentikan Sementara Operasional Truk Batubara 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Adanya kemacetan di jalan Sridadi-Batanghari membuat pihak Dit Lantas Polda Jambi langsung turun tangan. 

Menurut Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak BPJN untuk segera dilakukan perbaikan jalan yang menyebabkan kemacetan di Jalan Lintas Tembesi tepatnya di Jalan Sridadi menuju Batanghari.

"Pihak BPJN sudah saya hubungi dari tadi malam, dan hari ini mereka mau bekerja, termasuk disedot air yang tergenang," katanya, Senin (31/10/2022).

Kombes Pol Dhafi bilang, untuk sementara operasional truk batubara ditahan agar tidak keluar dari mulut tambang.

Tujuannya, kata Kombes Pol Dhafi, agar proses perbaikan jalan oleh BPJN tidak terganggu, khusus truk batubara yang melintas sebelum Tembesi.

"Nanti kita kordnsi dengan Dishub serta seluruh pemilik tambang untuk hari ini atau pada proses pengerjaan jalan, mobilisasi batu bara dipending dulu dari wilayah Sridadi sampai Batanghari. Paling tidak yang berjalan yang menggantung saja, yang sudah terlanjur di lapangan. Di wilayah Muaro Jambi, karena tidak masuk wilayah itu, masih bisa dilintasi," ujarnya.

Kombes Pol Dhafi bilang, kemacetan panjang yang terjadi di sepanjang jalan Sridadi menuju ke Batanghari akibat kondisi jalan yang rusak parah.

Kondisi badan di beberapa titik sepanjang jalan ini berlubang hingga dipenuhi dengan genangan air akibat curah hujan yang tinggi dalam 2 hari terakhir.

Hal ini, membuat truk batubara dan angkutan barang lainnya kerap mengambil lajur kanan untuk menghindari lubang, sehingga kendaraan yang datang dari arah berlawanan juga terjebak.

"Jadi kondisi jalan itu rudak parah, dan berlubang, sehingga truk ini mengambil jalur kanan dan terjadilah penguncian-penguncian itu," kata Kombes Pol Dhafi.

Saat ini personelnya sedang berupaya dengan membuka satu jalur kendaraan untuk mengurai kemacetan.

Kombes Pol Dhafi bilang, permasalahan jalan rusak ini juga tidak terlepas dari truk batubara dan angkutan barang yang sering membandel dengan membawa muatan dengan tonase yang berlebih

"Masalahnya sebenarnya, jalan kenapa rusak, ya semua angkutan yang melintas di situ, khususnya tonase yang berat truk batu bara hingga angkutan barang yang melebihi tonase," pungkasnya.

Baca berita  terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Macet Panjang di Jalan Lintas Jambi-Tempino Dari Tadi Malam, Kapolresta Jambi Bilang Ini Sebabnya

Baca juga: Dua Jenazah Terjebak, Sopir Truk Batu Bara Meninggal Saat Macet di Jalan Batanghari-Sarolangun

Baca juga: Kemacetan Panjang di Jalan Sridadi Batanghari, Kombes Pol Dhafi Sebut Ini Penyebabnya

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved