Pemkot Jambi Akan Berikan Sosialisasi Kesejumlah Apotek dan Toko Obat

Pemerintah Kota Jambi akan melakukan pembinaan dan sosialisasi kesejumlah apotek dan toko obat.

Tribunjambi/Srituti Apriliani Putri
Wakil Wali Kota Jambi Maulana. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi akan melakukan pembinaan dan sosialisasi kesejumlah apotek dan toko obat.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan Pemerintah Kota Jambi bersama Balai POM, ikatan apoteker farmasi, direktur rumah sakit, kepala Puskesmas, camat dan lurah.

Pemerintah Kota Jambi akan melakukan pengawasan terhadap obat sirup yang beredar di masyarakat. Melalui tim di tingkat kelurahan, pengawasan akan dilakukan disejumlah toko dan apotek.

Pengawasan kesejumlah toko dan apotek ini untuk memastikan lima jenis obat sirup yang ditarik Balai POM tidak lagi dijual kepada masyarakat.

"RT dan Lurah untuk ke toko obat ke apotek agar dipastikan yang lima ini sudah ditarik melalui prosedur yang benar melalui farmasinya kemudian Balai POM terlibat di sana ada lima jenis obat yang dirilis," jelasnya. Rabu, (26/10/2022).

Baca juga: Pemkot Jambi Bentuk Tim untuk Awasi 5 Jenis Obat Sirup yang Ditarik BPOM

Selain melakukan pengawasan, tim yang akan turun kesejumlah toko dan apotek juga akan melakukan sosialisasi kepada pemilik apotek dan toko obat.

"Kita sekarang melakukan pembinaan-pembinaan karena kan informasinya masih baru mungkin, dia nggak tahu," ujarnya.

Lima jenis obat sirup yang ditarik oleh Balai POM yaitu Termorex Sirup, Flurin DMP Sirup, Unibebi Cough Sirup, Unibebi Demam Sirup dan Unibebi Demam Drops.

Maulana menegaskan jika setelah diberikan sosialisasi masih ada toko obat atau apotek yang menjual obat sirup tersebut. Maka pemerintah Kota Jambi bisa memberikan sanksi.

Baca juga: Apotek di Kota Jambi Belum Perbolehkan Resep Obat Sirup

"Kalau sudah dikasih waktu satu minggu ini sosialisasi dan seterusnya masih juga bandel ya nanti kewenangan perizinannya kan ada di Dinas Kesehatan, ya akan ditegur lah," ujarnya.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved