Berita Jambi

Dibuka Rektor, Mahasiswa Peternakan Wilayah I Temu Ilmiah di Unja Gali Potensi Peternakan

Berita Jambi, Gali potensi dan kembangkan keilmuan, Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah I gelar Temu Ilmiah Mahasiswa Peter

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Darwin Sijabat
Gali potensi dan kembangkan keilmuan, Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah I gelar Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia (TIMPI). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Gali potensi dan kembangkan keilmuan, Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah I gelar Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia (TIMPI).

TIMPI tersebut diselenggarakan di Universitas Jambi dengan tuan rumah Fakultas Peternakan yang diikuti sekitar 500 mahasiswa dari sembilan universitas.

Universitas tersebut yakni Universitas Negeri Lampung, Universitas Panca Budi, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Jambi, Universitas Muara Bungo, dan Universitas Pahlawan.

Ketua Panitia TIMPI Wilayah I, Wahyu Akbar menyebutkan bahwa dengan dilanda pandemi Covid-19 membuat kegiatan mahasiswa ditiadakan.

Sehingga Fakultas Peternakan Universitas Jambi mengambil momentum pasca pandemi untuk menyelenggarakannya.

Selain ajang silaturahmi dan kekeluargaan antar mahasiswa Peternakan, tujuan dari kegiatan itu dikatakan Akbar untuk mewujudkan ketahanan pangan Indonesia.

Baca juga: Dinsos Catat Ada 16 Kasus Kekerasan Anak di Tanjabtim Hingga Oktober 2022

Baca juga: Aksi Pencurian Meteran Air di Jambi Meresahkan, 2 Meteran Air di Jelutung Digasak Waktu Berdekatan

Kemudian membahas kelanjutan dari peternakan di Indonesia khususnya wilayah I.

"Tujuannya untuk mewujudkan ketahanan pangan, membahas dunia peternakan di Indonesia," kata Akbar.

Membuka kegiatan tersebut, Rektor Universitas Jambi, Prof Sutrisno mengatakan, kegiatan tahunan mahasiswa Peternakan itu dapat dimanfaatkan dalam menggali potensi mahasiswa.

"Mudah mudahan ini dapat menggali potensi mahasiswa potensi mahasiswa yang berbasis Sumber Daya Alam (SDA). Mari bersama sama berkoordinasi untuk melaksanakan kampus merdeka belajar, dimana bisa pertukaran mahasiswa, dosen maupun bidang laboratorium dalam mengembangkan peternakan berbasis Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di wilayah I," sebut Rektor.

Kemudian kata Rektor, bahwa dengan temu ilmiah itu menyimpulkan akan pentingnya mensuplai keilmuan yang fokus di bidang peternakan.

"Pentingnya suatu investasi keilmuan dalam rangka mensuplai surplus dari apa yang menjadi fokus bidang peternakan, bukan hanya dari protein, lemak, karbohidrat tetapi juga nabatinya," tambah Prof Sutrisno.

Dengan TIMPI tersebut, mahasiswa diharapkan mampu melihat keunggulan masing masing kampus untuk dibawa ke tempat asal.

Baca juga: Ferdy Sambo Diancam 20 Tahun hingga Hukuman Mati, Jaksa Dakwa dengan Pasal Berlapis

"Melihat keunggulan masing masing, dengan keunggulan itu mari berbagi untuk dibuat satu Platform bagaimana mengembangkan 20 SKS bahkan 40 SKS yang ada diluar kampus masing masing,"

Koordinator ISMAPETI Wilayah I, Dimas Arif R menambahkan bahwa dengan pertemuan tersebut akan mengasah dan menguji kemampuan mahasiswa.

"Secara langsung maupun tidak langsung pengetahuan kita terkait peternakan akan diuji dan diasah," ujarnya.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari itu yakni Webinar, lomba bisnis plant dan esai, aksi gizi di Sungai Duren, Field trip, dan Expo dihadiri masing masing delegasi kampus dan diikuti mahasiswa secara virtual. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Aksi Pencurian Meteran Air di Jambi Meresahkan, 2 Meteran Air di Jelutung Digasak Waktu Berdekatan

Baca juga: Dinsos Catat Ada 16 Kasus Kekerasan Anak di Tanjabtim Hingga Oktober 2022

Baca juga: Dari Dakwaan JPU pada Sidang Ferdy Sambo, Samuel Sebut Sejumlah Fakta Terungkap

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved