The 4th GDIC Sukses, Siap Wujudkan Pembangunan Hijau Kolaborasi Unja Australia Malaysia Thailand

Selain Rektor Unja yang menjadi pembicara utama, terdapat 5 pembicara lainnya yang berasal dari 4 negara yang berbeda.

Editor: Rahimin
istimewa
Prof  Drs H Sutrisno M.Sc Ph.D 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Konferensi internasional bertajuk ‘The 4th Green Development International Conference (The 4th GDIC) 2022 dengan tema Higher Education Institutions Roles on Sustainable Development Goals yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi (Unja) pada 1-2 Oktober 2022, bertempat di SwissBelhotel Jambi, sukses digelar.

Pembukaan The 4th GDIC dihadiri oleh Prof  Drs H Sutrisno M.Sc Ph.D selaku Rektor Unja, Gubernur Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Dr Donny Iskandar S.Sos M.T, seluruh Wakil Rektor Unja, dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua LPPM UNJA, Civitas Academika Unja, Perwakilan PTPN VI - Bank 9 Jambi - Bank Mandiri, serta lebih dari 200 peserta luring dan 409 peserta daring.

Selain Rektor Unja yang menjadi pembicara utama, terdapat 5 pembicara lainnya yang berasal dari 4 negara yang berbeda.

Yaitu, Dr John Willison dari Adelaide University; Dr. Donnie Adams dari University of Malaya Dr Nithia Kumarawel dari Thailand dan anggota Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara (SEAMO), serta dua Rektor dari PTN ternama di Indonesia yaitu Prof Dr Nurhasan M.Kes Rektor Universitas Negeri Surabaya, dan Prof Dr Komarudin M.Si Rektor Universitas Negeri Jakarta.

Konferensi internasional bertajuk ‘The 4th Green Development International Conference (The 4th GDIC) sukses digelar
Konferensi internasional bertajuk ‘The 4th Green Development International Conference (The 4th GDIC) sukses digelar (istimewa)

Ketua Panitia The 4th GDIC Dwi Agus Kurniawan SP.d M.Pd menyampaikan laporan serta tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Hari ini kita mendiskusikan sebuah ilmu yang berdampak bagi masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan. Unja yang menjadi wadah di lingkungan pendidikan bisa mengembalikan kejayaan pendidikan di Jambi di masa lampau. Unja juga mengambil peran penting dalam pelestarian Candi Muaro Jambi,” ujarnya.

Rektor Unja Prof Drs H Sutrisno dalam sambutannya menyampaikan makna pentingnya konferensi internasional yang memiliki peran dalam green development di Jambi dan langkah Unja menuju World Class Univiersity.

“Ini merupakan hal luar biasa bagi kita bisa menyelenggarakan konferensi internasional yang memiliki peran dan visi dalam green development khususnya di Jambi. Meraih World Class University merupakan tuntutan dan cita-cita kita semua di Unja, maka dari itu kegiatan ini adalah salah satu prosesnya. Mari kita sama-sama simak apa yang disampaikan semua speaker yang akan menyampaikan materinya. Saya juga akan menyampaikan materi perspektif internasionalisasi pendidikan tinggi di sebuah belahan dunia (Jambi). Kami harap ini mempunyai manfaat dan kontribusi besar untuk Unja dan negara kita,” katanya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Dr Donny Iskandar S.Sos M.T dalam sambutannya menyampaikan pesan Gubernur Jambi mengenai kelestarian lingkungan dan pembangunan hijau, serta mengapresiasi Unja dalam pelaksanaan The 4th GDIC.

Donny Iskandar sekaligus membuka acara secara resmi dengan melakukan prosesi pemukulan gong.

“Unja melalui LPPM menyelenggarakan seminar internasional merupakan salah satu wujud kepedulian kelestarian lingkungan yang menjadi kunci dalam pembangunan berkelanjutan. Terima kasih kepada Rektor dan semua pihak yang sudah berkontribusi dalam acara yang luar biasa ini,” katanya.

Kegiatan berlanjut dengan penyampaian materi oleh para keynote speaker hingga pukul 1 siang. Setelah ishoma, para peserta dibagi ke dalam 4 kelas paralel untuk menyampaikan dan mempresentasikan materi-materi penelitian dan artikelnya.

Hari kedua The 4th GDIC dilanjutkan dengan kelas paralel bagi peserta yang belum melaksanakan presentasi. Setelah seluruh peserta mempresentasikan materinya, kegiatan The 4th GDIC ditutup dengan seremoni ‘Awarding GDIC 4’, penutupan acara, serta ‘GDIC Fashion Day’ dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2022.

Dalam Awarding GDIC 4, diumumkan bahwa Chintya Cleantha, Rahmi, Devi Widya Apriandi, Istiqomah, dan Andi Subandi terpilih sebagai 5 presenter terbaik.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved