Ketahanan Pangan Tanjabtim akan Kembangkan Pekarangan Pangan Lestari P2L

Dinas Ketahanan Pangan Tanjabtim akan mengoptimalkan lahan pekarangan pemukiman masyarakat untuk sumber pangan keluarga.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanjabtim Fajar Alamsyah. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) akan mengoptimalkan lahan pekarangan pemukiman masyarakat untuk sumber pangan keluarga.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanjabtim Fajar Alamsyah mengatakan, tujuan dan sasaran kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ada dua yaitu pertama untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam.

"Bergizi seimbang dan aman serta yang kedua adalah untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar," katanya, Minggu (2/10/2022).

Lanjutnya, ke depan kegiatan P2L akan dilakukan melalui pendekatan pengembangan pertanian berkelanjutan, pemanfaatan sumberdaya lokal, pemberdayaan masyarakat dan berorientasi pemasaran.

"Melalui progran P2L bukan lagi hanya sebatas ketahanan pangan semata tetapi melainkan lebih pada orientasi bisnis guna mendukung dan membantu perekonomian masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Harga Beras Terus Naik dalam Sebulan Terakhir di Tanjabbar, Ini Kata Dinas Ketahanan Pangan

Selain itu, untuk menunjang perekonomian keluarga melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) dan meningkatkan P2L gizi keluarga dalam upaya percepatan Penurunan Stunting dan Penanganan inflasi.

"Itu akan potensial menjadi sumber pangan keluarga dan mata pencaharian di tengah  masa masa sulit seperti saat ini, mari kita tingkatkan gizi keluarga dalam upaya percepatan penurunan stunting dan penanganan Inflasi," tuturnya.

Baca juga: Harga TBS di Tanjabtim Hari Ini Masih Bertahan Rp 1450-1500 per Kg

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved