Begini Tanggapan Pengamat Terhadap Ribuan Warga Jambi Masuk Wilayah Sumsel

Pengamat kebijakan meminta Gubernur Jambi memprioritaskan penyelesaian persoalan ribuan warga Desa Persiapan Sawit Mulyo Rejo

Penulis: Wira Dani Damanik | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Wira Damanik
Pengamat Kebijakan di Jambi Pahrudin. 

 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pengamat kebijakan meminta Gubernur Jambi memprioritaskan penyelesaian persoalan ribuan warga Desa Persiapan Sawit Mulyo Rejo, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi yang dinyatakan masuk peta Sumatera Selatan (Sumsel).

Pengamat Kebijakan Pahrudin mengatakan persoalan tapal batas memang kerap terjadi di berbagai wilayah. Namun dalam persoalan ini, ia mengatakan Gubernur Jambi harus proaktif dalam menyelesaikannya.

"Soal batas harus segera dituntaskn dengan duduk bersama gubernur Sumsel dan Mendagri. Gubernur Jambi harus proaktif hubungi Gubernur Sumsel dengan ditengahi Mendagri. Soal ini harus jadi prioritas gubernur Jambi. Kalau tapal batas sudah disepakati maka warga akan otomatis jadi warga dimana ia tinggal," kata Pahrudin, Minggu (2/10).

Baca juga: Pemprov Jambi Seger Bertemu dengan Pemerintah Sumsel, Bahas 560 KK di Sungai Gelam

Diketahui di Desa Persiapan Sawit Mulyo Rejo ada sekira 560 KK yang dinyatakan masuk ke wilayah Sumsel. Dimana selama ini, semua urusan kependudukan masuk ke wilayah Provinsi Jambi.

Pahrudin mengatakan pentingnya persoalan ini diselesaikan karena menyangkut pemenuhan hak-hak masyarakat yang harus diberikan oleh pemerintah.

"Saya sepakat soal tapal batas memang harus segera dituntaskan karena engga hanya disini sebetulnya, karena ada wilayah-wilayah lain yang juga berbatasan dengan Sumsel dan itu belum selesai juga," pungkasnya.

Baca juga: Ribuan Warga Sungai Gelam Muaro Jambi Terancam Tak Bisa Memilih pada Pemilu 2024

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved