Berita Jambi

Hari Ketiga Festival Batanghari, Pemprov Jambi Gelar Parade Perahu Hias

Dalam mendorong ekonomi dan kearifan lokal, Pemerintah Provinsi Jambi adakan kegiatan parade perahu hias dalam rangkaian acara Festival Batanghari 202

TRIBUNJAMBI.COM/WIRA DANI DAMANIK
Dalam mendorong ekonomi dan kearifan lokal, Pemerintah Provinsi Jambi adakan kegiatan parade perahu hias dalam rangkaian acara Festival Batanghari 2022. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dalam mendorong ekonomi dan kearifan lokal, Pemerintah Provinsi Jambi adakan kegiatan parade perahu hias dalam rangkaian acara Festival Batanghari 2022.

Festival Batanghari itu berlangsung dari 22 September 2022 hingga 25 September 2022. Kegiatan itu merupakan rangkaian Kenduri Swarnabhumi, yang telah dilakukan di kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Adapun parade perahu hias itu dilakukan dalam rangka mendukung pariwisata dan ekonomi para pelaku usaha getek (perahu).

Seperti yang ditemui Tribun Jambi, pelaku usaha ketek, azwan mengaku dirinya bersama rekannya, di kontrak sehari oleh penyelenggara acara Festival Batanghari itu.

"Hari ini kami ikut dalam festival ini yaitu dikontrak untuk memeriahkan acara ini. Perahu kami ini diberi lambang kabupaten, jadi ada 11 perahu yang di kontrak seharga Rp 500 ribu," ungkap Azwan, Minggu (25/9).

Adapun jumlah perahu yang ikut dalam parade itu berjumlah 11 perahu sesuai dengan jumlah kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Seperti yang terlihat, setiap perahu dihiasi dan memakai lambang setiap kabupaten/kota yang diwakili para pengusaha ketek. Selain itu setiap perahu juga memakai spanduk masing-masing dari setiap kepala daerah yang disertai unggulan dalam daerah masing-masing.

Seperti pada perahu hias Kabupaten Muaro Jambi, pada kapal itu terlihat replika dari Candi Muaro Jambi, tak hanya itu di spanduk perahu hias Kabupaten Kerinci terlihat Gambar Bupati dan Wakil Bupati dengan berlatar Gunung Kerinci. Di spanduknya dituliskan Sakti Alam Kerinci.

Azwan mengatakan para pengusaha ketek atau perahu yang dihiasi, sudah diberikan daftar kabupaten/kota masing-masing.

"Sudah di list, jadi penyelenggara sudah langsung menghiasi perahu kami masing-masing. Nanti ini diperlombakan, ada juga berkeliling-keliling di Sungai Batanghari ini," ujarnya.

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi turut menerjunkan personil dan kapalnya untuk mengawal parade perahu hias itu.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Bantuan Korban Banjir di Sarolangun Terus Disalurkan, Dalam Waktu Dekat Warga akan Terima Bantuan

Baca juga: Sinopsis Drama Ratu Drama Episode 1, Upaya Enzy Storia Dapatkan Peran Utama Sinetron

Baca juga: Tak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Bisakah Dapat BSU Rp 600 Ribu?

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved