Bank Indonesia dan TPID Provinsi Jambi Gelar Pencanangan GNPIP

Bank Indonesia dan TPID Provinsi Jambi gelar Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan.

Tribunjambi/Rara
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution bersama Gubernur Jambi Al Haris. 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dan TPID Provinsi Jambi gelar Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Jambi di Swiss-belhotel Jambi, Jumat (23/9).

Kegiatan di tingkat provinsi tersebut dihadiri Gubernur Jambi, Al Haris, Forkompimda Provinsi Jambi , Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi, serta OPD dan Instansi vertikal terkait di Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan bibit cabai secara simbolis kepada TPID Kota Jambi, Ponpes As’ad Kota Jambi, Ponpes An Nur Tangkit Muaro Jambi, Ponpes Al Muttaqin Muaro Jambi, serta penyerahan secara simbolis subsidi ongkos angkut kepada TPID Provinsi Jambi.

"Ini bentuk kontribusi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam pengendalian inflasi Provinsi Jambi pada tahun 2022," ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution.

Menurut Suti Masniari, banyak yang telah dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi bersama dengan TPID Provinsi Jambi, yang tetap aktif bersinergi, terutama melalui pelaksanaan rapat koordinasi.
Tercatat hingga pekan ke-2 September 2022 telah terselenggara 9 High Level Meeting yang kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh kepala daerah, 25 rapat koordinasi, 33 sidak pasar, 55 pasar murah.

Suti menegaskan kegiatan-kegiatan tersebut merupakan upaya sinergi untuk menekan inflasi di Provinsi Jambi. "Program GNPIP adalah bentuk aksi nyata bersifat nation wide, bentuk tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia," jelas Suti.

Suti Masniari Nasution 25
Suti Masniari Nasution Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Provinsi Jambi.

"Kami mengajak seluruh pihak yang hadir untuk berjuang bersama dalam mengendalikan inflasi. Mengawali implementasi GNPIP Provinsi Jambi, Bank Indonesia beserta seluruh anggota TPID telah melaksanakan berbagai program," bebernya. 

Beberapa program GNPIP tersebut, antara lain penyelenggaraan pasar murah, lalu penyerahan Program Sosial Bank Indonesia, berupa bibit cabai serta saprodi budidaya ikan nila, alat mesin pertanian (alsintan) dan sarana produksi (saprodi) untuk beberapa kelompok tani maupun instansi serta digitalisasi pertanian.

"Namun demikian, usaha tersebut masih bisa kita maksimalkan. Upaya sinergi antar daerah diperlukan untuk mencukupi kelangkaan pangan, serta meningkatkan kapasitas produksi. Sebagai langkah antisipasi gejolak ketahanan pangan, mengingat Provinsi Jambi sangat bergantung kepada pasokan dari luar provinsi," tambahnya. 

Suti menyampaikan kata kunci dan modal utama pengendalian inflasi adalah sinergi, kolaborasi, dan koordinasi berbagai pihak agar sejalan dalam mengatasi permasalahan inflasi

Upaya tersebut ternyata disambut baik dan diapresiasi Gubernur Jambi, Al Haris. "Saya mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia atas kerjasama membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam mengendalikan inflasi," kata Al Haris, dalam sambutannya.

Menurut Al Haris, ada empat poin penting yang harus diperhatikan dalam mengendalikan inflasi di Provinsi Jambi. Poin pertama yakni ketersediaan pasokan, kedua keterjangkauan harga, ketiga kelancaran distribusi, dan keempat koordinasi antar wilayah. 

Gubernur bahkan menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi dalam waktu dekat ini juga akan melakukan upaya pengendalian inflasi dengan  menyiapkan dana khusus untuk pengendalian inflasi untuk intervensi bahan pangan, bansos bagi pihak yang terkena dampak kenaikan BBM, serta bantuan dana bantuan untuk pekerja yang menggunakan BBM. 

Gubernur Al Haris berharap semua upaya yang telah dilakukan semua pihak dalam mengendalikan serta menekan inflasi, segera membuahkan hasilnya.(TribunJambi/Rara Khushshoh Azzahro)

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved