Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Waspada, Berhala Modern . . .!

Bacaan ayat: 1 Yohanes 5:21 (TB) Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala. Berhala adalah segala hal yang dipuja dan disembah. Pada masa lalu,

Editor: Suci Rahayu PK
ist
Ilustrasi renungan harian 

Waspada, Berhala Modern . . .!

Bacaan ayat: 1 Yohanes 5:21 (TB) Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.

Oleh Pdt Feri Nugroho

Berhala adalah segala hal yang dipuja dan disembah. Pada masa lalu, berhala terkait erat dengan patung yang disembah. Hari ini telah mengalami pergeseran makna. Patung masuk dalam kategori seni pahat sehingga tidak semua patung disembah.

Bahkan patung yang dibuat dengan presisi dan akurasi yang baik akan mahal harganya. Menjadi sikap yang bijaksana jika tidak menghakimi sesama hanya karena sebuah patung yang dipajang.

Dalam konteks jemaat mula-mula yang mendapat peringatan dari Yohanes, 'Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.', kala itu jemaat harus berdampingan dengan bangsa-bangsa disekitarnya yang memang terang-terangan menyembah patung.

Sikap saling menghargai dan toleransi justru ditunjukan ketika setiap orang menyembah juga sesembahan orang lain, sementara ia mempunyai sesembahan sendiri. Setiap pendatang baru dalam sebuah kota diijinkan untuk memajang patung sesembahan nya di pinggir jalan dan siapapun bisa menyembahnya.

Jemaat Tuhan mendapatkan nasihat dari Yohanes agar dengan tegas menolak praktik tersebut. Merujuk pada 10 hukum Tuhan yang salah satunya menyatakan agar tidak membuat patung untuk disembah, menjadi acuan dasar bahwa Allah tidak boleh disamakan dengan apapun.

Allah itu Roh maka yang menyembah Dia harus menyembah dalam roh dan kebenaran. Allah itu Esa, dalam makna Dia pada hakekatnya satu: tidak ada yang seperti Dia dan tidak ada yang lain kecuali Dia.

Maka tepat adanya jika jemaat didorong dan dinasihatkan agar tidak menduakan Dia dalam bentuk apapun, termasuk dalam hal ini berhala.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved