Pencanangan dan Pembinaan Desa Cinta Statistik 2022 Kabupaten Tebo

Tanda Tangan dokumen pencanangan oleh Kepala Desa, Camat dan Kepala BPS Kabupaten Tebo sebagai tanda pencanangan

Editor: Rahimin
istimewa
Bertempat di aula Kantor Desa Rantau Kembang, Kecamatan Rimbo Ilir dilakukan Pencanangan dan sekaligus Pembinaan Desa Cinta Statistik. 

Pencanangan dan Pembinaan Desa Cinta Statistik 2022 Kabupaten Tebo

OLEH: Tariyo, S.P.  KF IPDS BPS Tebo

TRIBUNJAMBI.COM - Pada 8 September 2022 bertempat di aula Kantor Desa Rantau Kembang, Kecamatan Rimbo Ilir dilakukan Pencanangan dan sekaligus Pembinaan Desa Cinta Statistik atau disingkat dengan Desa Cantik oleh Kepala BPS Kabupaten Tebo Edy Subagiyo SE ME bersama Sekretaris Camat Kecamatan Rimbo Ilir Supriyati S.Kom.

Kepala Desa Rantau Kembang Bapak Kusmedi dan seluruh Perangkat Desa Rantau Kembang dan Tim Pembina Desa Cantik BPS Kabupaten Tebo, Dengan motto: Pengoptimalan IT Untuk Peningkatan Potensi Desa.

Dalam Kegiatan Tersebut dilakukan Tanda Tangan dokumen pencanangan oleh Kepala Desa, Camat dan Kepala BPS Kabupaten Tebo sebagai tanda pencanangan dan dimulainya pembinaan Desa Cinta Statistik.

Pada sambutannya Kepala Desa mengucapkan terima kasih karena akan mendapatkan pembinaan yang berkaitan dengan penguasaan dan pemanfaatan Tehnologi Informasi (IT) yang sangat berguna untuk menunjang tercapainya tujuan yang akan dicapai pemerintahan Desa, begitu juga atas nama Camat Kecamatan Rimbo Ilir Supriyati mendukung kegiatan ini.

Kepala BPS Kabupaten Tebo dalam sambutannya mengatakan, desa tidak lagi dianggap sebagai obyek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subyek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini di desa terdapat berbagai sistem aplikasi pendataan (Prodeskel, SDGs Desa, SIK-NG, dst), tetapi kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di pemerintah desa dalam hal pengelolaan dan literasi data desa masih relatif rendah.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik memiliki peran penting dalam peningkatan pengelolaan, pemanfaatan dan literasi data di tingkat desa.

Pembinaan statistik kepada desa/kelurahan disesuaikan dengan proses bisnis penyelenggaraan statistik dasar. Secara khusus, pembinaan statistik dilakukan pada hal-hal yang terkait dengan pemberian wawasan tentang pembangunan desa untuk pengentasan kemiskinan, mengidentifikasi keberadaan sarana, prasarana dan potensi yang ada di desa/kelurahan baik dari sisi lokasi geografis, aset (fisik, finansial, dan modal sosial) dan infrastruktur, Mengidentifikasi kebutuhan data yang bersesuaian untuk sasaran pembangunan desa, pengentasan kemiskinan, peningkatan produktivitas, dll,

Halaman
12
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved