Berita Jambi

Peta Jalan Revitalisasi SMK, Disdik Jambi Sebut Masih Dalam Program

Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mendapatkan sorotan dari anggota DPRD Provinsi Jambi karena berdasarkan audit kinerja BPK RI Perwakilan Jambi tahun 20

TRIBUNJAMBI.COM/DANANG NOPRIANTO
Ketua Panitia PPDB, Sekaligus Kabid Pembinaan SMK, Bukri 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mendapatkan sorotan dari anggota DPRD Provinsi Jambi karena berdasarkan audit kinerja BPK RI Perwakilan Jambi tahun 2021 Dinas Pendidikan belum menyelesaikan roadmap atau peta jalan revitalisasi SMK secara keseluruhan.

Oleh karena itu anggota Dewan mempertanyakan sejauh mana pelaksanaannya.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, melalui Kabid SMK, Bukri mengatakan bahwa roadmap atau peta jalan revitalisasi SMK masih dalam program.

"Untuk Roadmap atau peta jalan revitalisasi SMK Masih dalam program," ucapnya singkat, Rabu (21/9/2022).

Sementara itu Sebagaimana diketahui, bahwa Badan Pusat Statistik (BPS 2021) mencatat, jumlah pengangguran pada bulan Februari 2021 sebanyak 8,75 juta orang. Bila dibandingkan dengan Februari 2020 yang sebanyak 6,93 juta, jumlah ini meningkat 1,82 juta orang. Dari angka tersebut lulusan pengangguran yang berasal dari lulusan SMK mencapai 11,13 persen.

Saat ini, SMK masih sulit menjawab kebutuhan dunia kerja sehingga kondisi ini perlu dibenahi.

Dikutip dari laman Kemdikbud Ristek (2021), setidaknya ada 5 point penting yang menjadi catatan atas tantangan membangun SMK saat ini, yaitu: 1) Kesempatan peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas SMK sesuai kebutuhan dunia kerja masih sedikit, 2) Sinergi pemangku kepentingan, termasuk dunia kerja, pada program pengembangan SMK masih kurang, 3) Belum semua SMK mengembangkan kurikulum bersama dunia kerja, 4) Belum semua SMK memiliki fasilitas yang sesuai standar, dan 5) Manajemen sekolah masih cenderung terbebani hal-hal administratif.

Dalam Inpres No 09 Tahun 2016 mensyaratkan, setidaknya ada 5 prioritas penting dalam revitaslisasi SMK saat ini terkait potensi lokal yang harus digali dan dikembangkan. Lima (5) potensi yang menjadi fokus pemerintah pusat dan daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi dalam revitalisasi SMK adalah, potensi: 1) Kemaritiman, 2) Pertanian dan Perkebunan, 3) Pariwisata, 4) Rekayasa Teknologi, dan 5) Industri Kreatif.

Sementara itu beberapa waktu lalu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi juga mengharapkan SMK di Jambi dapat menciptakan tenaga kerja terampir.

"Bahwa SMK di Jambi, diharapkan dapat menjawab tantangan yang ada dengan menciptakan tenaga kerja terampil dan tidak melahirkan pengangguaran baru. Dengan pengembangan potensi lokal pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan yang ada," ujarnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: 13 Kasus TPPO di Kota Jambi, Pemkot Jambi Ajak Seluruh Stakeholder Cegah TPPO

Baca juga: Jokowi Bela Rakyat Kecil, Listrik 450 VA Tak Dihapus

Baca juga: Luasnya Lahan Perkebunan di Provinsi Jambi Menjadi Penyumbang PDRB Tertinggi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved