Advertorial

Bupati Batanghari Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan 34 Pj Kepala Desa, Fadhil Ingatkan Tugas Penting

Sebanyak 34 Pejabat (PJ) Kepala Desa (Kades) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief di Serambi Rumah Dinas pada

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief melaksanakan pelantikan dan pengucapan sumpah janji pejabat kepala desa 2022 di Serambi Rumah Dinas, Selasa (20/9/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Sebanyak 34 Pejabat (PJ) Kepala Desa (Kades) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief di Serambi Rumah Dinas pada Selasa (20/9/2022).

Tidak hanya melantik Pj kades, Bupati dan Wakil Bupati, Bakhtiar juga melaksanakan acara pisah sambut dengan kepala desa yang habis masa jabatannya.

Fadhil Arief menyampaikan Pj kepala desa adalah seorang ASN yang dipercaya untuk mengisi kekosongan jabatan sebagai kepala desa.

“Mungkin, di antara pejabat kepala desa ada yang merasa tidak tepat atau merasa kurang pas, tapi itu sudah terbentuk dari kepercayaan negara kepada yang dilantik hari ini bahwa dianggap mampu untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa,” katanya usai pelantikan dan pengucapan sumpah janji pejabat kepala desa 2022 dihadiri Sekda Muhammad Azan, Asisten, Kepala OPD, para camat, forkopimda dan para tamu undangan lain.

Bupati sampaikan permohonan maaf terhadap usulan elemen masyarakat yang menginginkan desa yang habis masa jabatan kepala desanya untuk menunjuk ASN tertentu.

Ia berujar mengapa ini tidak bisa diakomodir, apabila diakomodir Pj kepala desa tidak akan bisa indpendent ke depannya.

Pj kepala desa ucapnya harus menyadari bahwa yang dilantik ini tidak punya visi misi dan janji kepada masyarakat.

“Apabila dia hadir dan menjabat dengan dukungan pihak tertentu berarti dia menjanjikan sesuatu kepada pihak tersebut. Hal-hal ini kita minimalkan sehingga nanti yang menjadi Pj kepala desa akan lebih mudah untuk menjalankan tugas,” ujarnya.

Fadhil Arief menuturkan tugas sebagai Pj kepala desa, yang pertama pastikan selesai APBDes perubahan ini, karena ada amanah-amanah terhadap peraturan Mentri Keuangan yang harus disesuaikan.

“Dan juga pastikan APBDes 2023 sebelum kepala desa definitif dilantik itu juga selesai. Tapi nanti setelah kepala desa terpilih walaupun sebelum dilantik tolong komunikasikan dengan kades yang terpilih itu. Sehingga nanti program kegiatannya selaras dengan visi misi kepala desa yang baru terpilih,” ucapnya.

Berikutnya, tugas paling utama dari Pj kepala desa ini adalah untuk memastikan proses Pilkada berjalan sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

“Saya amati selama ini bahwa ada ketidaktepatan menunjuk seseorang menjadi panitia Pilkades apabila panitianya cenderung menjadi Tim Sukses, ajaklah ngobrol BPD-nya kalau bisa jangan jadi panitia, biarlah jadi Tim Sukses karena bakatnya di situ, kalau kedua-duanya bakal menjadi repot,” jelasnya.

Bupati dan Wabup serta seluruh jajaran Pemkab Batanghari turut mengucapkan terima kasih atas dedikasi kepada kepala desa yang sudah mengabdi selam lima tahun ini.

“Sebagian saya dengar akan mencalonkan lagi kami doakan Allah berikan yang terbaik,” pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Sopir dan Kernet Truk yang Melindas Mahasiswi Unja di Mendalo Muaro Jambi Diamankan Polisi

Baca juga: Terekam Ucapan Wendy Walters Siap Ceraikan Reza Arap, Video Lawasnya Disorot: Gak Bakal Gue Maafin

Baca juga: Nastar Nanas Khas Desa Tangkit Baru Muaro jambi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved