Dugaan Korupsi Puskesmas Bungku

Kasus Puskemas Bungku, Diperiksa Saat Berjuang Menekan Covid-19, Elfi Yennie: Menyesakkan Saya

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Batanghari Elfi Yennie tampak menangis saat memberikan keterangan atas kasus yang tengah menimpa dirinya

Penulis: Suci Rahayu PK | Editor: Deddy Rachmawan
Tribunjambi.com/Musawira
Mantan Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, dr Elfi Yennie. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Mantan Kepala Dinas Kesehatan Batanghari Elfi Yennie kemarin (18/9/2022) turut hadir bersama kuasa hukumnya ketika memberikan keterangan kepada awak media atas kasus yang menimpanya. Perempuan berkerudung itu tampak menangis.

Selama pandemi, dokter yang ket ika itu menjabat Kepala Dinas Kesehatan Batanghari tersebut terlibat aktif memerangi Covid-19. Maklum saja ia saat itu sekaligus Jubir Satgas Covid-19 Batanghari.

Mengingatkan, Kamis (15/9) lalu, Polda Jambi menyampaikan bahwa mereka menetapkan tujuh orang tersangka dalam kaus dugaan korupsi proyek pembangunan Puskesmas Bungku, Kabupaten Batanghari.

Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Christian Tory mengatakan, awalnya, kasus ini ditangani oleh Polres Batanghari, kemudian ditarik ke Polda Jambi.

Menurutnya dari penyelidikan petugas, ditemukan bahwa sesuai dengan kontrak,  pengerjaan akan berakhir pada 14 Desember 2020, akan tetapi pada 17 Desember 2020 progres pengerjaan Puskemas Bungku hanya mencapai 83 persen.

Kemudian pada tanggal 28 Desember, progres pengerjaan baru mencapai 88,76 persen, tetapi langsung dilakukan serah terima dengan PHO dengan progres 100 persen.

Dalam pengungkapan kasus ini, tim penyidik kemudian berkordunasi dan melibatkan alhi konstruksi bangunan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), sehingga disimpulkan gedung Puskesmas Bungku tersebut tidak layak pakai.

Para tersangka adalah Abu Tolib, M Fauzi, Delly Himawan, yang merupakan pelaksana kegiatan. Kemudian tersangka yang disebut di awal, yakni Elfi Yennie dan Adil Ginting. 

Di tengah pandemi dan tugasnya sebagai satgas itulah, Elfi Yennie terbelit kasus ini. Selama pandemi sedang tinggi-tingginya, ia aktif memberikan keterangan mengenai kondisi terkini kasus corona di Kabupaten Batanghari.

Baca juga: Perjalanan Dugaan Korupsi Pembangunan Puskesmas Bungku Seret 7 Tersangka, Kemana Konsultan pengawas?

Proses penyelidikan kasus dugaan korupsi pembangunan Puskesmas Bungku ini dilakukan Polres Batanghari di Januari 2021.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved