Berita Tanjabtim

Gubernur Jambi Apresiasi Semangat Bupati Tanjabtim Memelihara Sungai Batanghari

Kerapatan Negeri Kumpul Sanak Sehiliran Sungai Batang Hari dengan tajuk Batanghari Dulu, Kini dan Nanti di gelar Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Tim

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Kerapatan Negeri Kumpul Sanak Sehiliran Sungai Batang Hari dengan tajuk Batanghari Dulu, Kini dan Nanti digelar Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Timur, Bukit Menderang Muara Sabak, Minggu (18/9/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Kerapatan Negeri Kumpul Sanak Sehiliran Sungai Batang Hari dengan tajuk Batanghari Dulu, Kini dan Nanti di gelar Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Timur, Bukit Menderang Muara Sabak, Minggu (18/9/2022).

Gubernur Jambi Al Haris mengapresiasi semangat Bupati Tanjung Jabung Timur untuk menjaga dan memilihara Sungai Batanghari ini.

Haris berujar, jika semangat yang sama para Bupati dan Walikota terhadap Sungai Batanghari, ia optimis persoalan Sungai Batanghari ini akan tuntas.

‘’Jika semangat para Bupati dan Walikota sama dengan semangat Bupati Tanjung Jabung Timur ini, insyallah Sungai Batanghari akan bersih, tentu ini tidak lepas dari kesepakatan dari seluruh semua elemen, termasuk Lembaga Adat, TNI, Polri dan masyarakat," ujarnya, Minggu (18/9/2022).

Haris juga menyampaikan pentingnya pendekatan budaya dan adat dalam komitmen menjaga Sungai Batanghari ini. Ia mencotohkannya dengan persoalan membuang sampah di sungai, hendaknya ada sanksi yang diberikan berupa sanksi adat.

Sehingga, persoalan-persoalan yang ada di aliran Sungai Batanghari ini dilakukan dengan pendekatan adat dan budaya.

‘’Tujuannya agar mengangkat Kembali simbol Sungai Batanghari sebagai gerbang perdagangan Provinsi Jambi dan kedepan tonggak sejarah bagi generasi muda," bebernya.

Dari diskusi yang cukup Panjang dan intensi tersebut, disepakatilah akan disusun Piagam Batanghari yang memuat berbagai persoalan yang ada di Sungai Batanghari. Piagam ini akan disampaikan ke Presiden Republik Indonesia.

‘’Nanti Piagam ini akan disampaikan langsung oleh Gubernur Jambi ke Pak Presiden didampingi oleh para Bupati dan Walikota bersama sejumlah elemen,’’ kata Romi Hariyanto, bupati Tanjung Jabung Timur.

Piagam ini saat ini akan disusun dan direncanakan akan disampaikan ke gubernur Jambi pada 21 September 2022 nanti.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Gelar Kerapatan Negeri, Bupati Tanjabtim Berharap Pemangku Kepentingan Memelihara Sungai Batanghari

Baca juga: UIN STS Jambi Adakan Pelatihan Dosen dan Lulusan Perguruan Tinggi Penyandang Disabilitas

Baca juga: Terima Karma Dewi Perssik, Kini Angga Wijaya Menderita Hidup Sebatang Kara: Semuanya Harus Sendiri

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved