Berita Merangin

Wakil Bupati Merangin Sebut RAPBD 2023 Fokus ke Pemulihan Kesehatan dan Pertumbuhan Ekonomi

Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Merangin pada tahun 2023 difokuskan pada pemulihan ekonomi dan peningkatan pertumbu

ist
Wabup Nilwan Yahya 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Merangin pada tahun 2023 difokuskan pada pemulihan ekonomi dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Bupati Merangin, Mashuri melalui Wabup Nilwan Yahya telah menyampaikan nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Merangin tahun anggaran 2023.

Nota keuangan RAPBD 2023 itu pada rapat paripurna DPRD Merangin yang dipimpin Ketua Dewan, Herman Effendi didampingi wakil ketua DPRD Merangin H Zaidan Ismail dan Ahmad Kausari.

Dikatakan Nilwan bahwa nota keuangan yang disampaikan di depan 35 orang anggotan Dewan Merangin tersebut merupakan bagian dari proses penyusunan rancangan APBD Kabupaten Merangin tahun anggaran 2023.

Hal tersebut sebagai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 tahun 2022 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

"Semoga Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang dihasilkan ini, bermanfaat bagi kita semua," ujar Wabup.

Kebijakan umum APBD dan prioritas plafon anggaran sementara APBD tahun anggaran 2023 yang telah disepakati itu merupakan penjabaran dari rencana kerja Pemerintah Kabupaten Merangin tahun 2023.

"Kita harapkan RAPBD 2023 ini mampu mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan daerah tahun 2023, sesuai dengan tema pembangunan kita, ‘Pemulihan kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang insklusif serta berkelanjutan," terang Wabup.

Aktualitas dari tema dan prioritas pembanguan daerah 2023 telah disusun program kegiatan dan sub kegiatan pada seluruh perangkat daerah.

Penyusunan itu dengan menggunakan asumsi yang terukur serta memiliki dasar hukum dalam penganggaran masing-masing sumber pendapatan penggunaan belanja dan penetapan pembiayaan daerah.

Sedangkan prioritas pembangunan Kabupaten Merangin 2023 yakni, pertama meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis sumber daya bidang pertanian dan pariwisata, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan.

Selanjutnya meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing dan terakhir meningkatkan infrastruktur pelayanan publik.

"Untuk mewujudkan apa yang sudah direncanakan itu, perlu dukungan sepenuhnya Pak Dewan dan semua lapisan masyarakat Merangin," pinta Wabup.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Banggar Minta DPRD Provinsi Jambi Gubernur dan TAPD Pastikan Alokasi Belanja Daerah Tangani Inflasi

Baca juga: Sering Gagal Panen, Hasil Pertanian di Penyengat Rendah Tergantung Pasang Surut Sungai Batanghari

Baca juga: Uang Bulanan Lesti Kejora Ratusan Juta Rupiah, Rizky Billar Salut Istrinya Tetap Hidup Sederhana

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved