Editorial

Amarah Warga, Jalan Rusak dan Blokade Jalan

Ratusan orang warga Desa Talang Duku dan sembilan desa lain di sekitar, memblokade jalan menuju Pelabuhan Talang Duku.

Editor: Deddy Rachmawan
ist
Ratusan warga Desa Talang Duku dan desa sekitarnya Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi blokade jalan menuju ke Pelabuhan Talang Duku, Selasa (13/9). 

Persoalan kerusakan jalan kembali menghangat di Provinsi Jambi, kali ini di Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi. Ratusan orang warga Desa Talang Duku dan sembilan desa lain di sekitar, memblokade jalan menuju Pelabuhan Talang Duku.

Sudah dua hari, sejak Selasa (13/9), blokade dilakukan warga.

Tuntutannya, akses jalan tidak akan dibuka hingga tuntutan pembangunan jalan rigid beton sesuai janji perusahaan menuju pelabuhan dipenuhi.

Warga mengungkapkan jalan yang bakal dibangun hanya 1 kilometer, dengan biaya Rp8 miliar.

Uang pembangunan bersumber iuran semua perusahaan yang ada. Memang, wilayah tersebut menjadi jalan utama angkutan kendaraan berat, berbagai barang hingga batu bara, menuju Pelabuhan Talang Duku.

Kerusakan jalan bukan hanya terjadi saat ini dan di wilayah itu saja, melainkan sudah sejak bertahun-tahun lalu.

Kelebihan tonase truk menjadi satu di antara penyebab kerusakan. Wajar dan sepantasnya warga mengeluh. Pasalnya, selain dampak kerusakan, risiko kecelakaan juga tinggi.

Bisa dibayangkan, rentengan truk yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan melewati jalan itu tiap hari. Debu dan asap menjadi makanan sehari-hari warga yang tentu berdampak ke kesehatan.

Bagaimana menenangkan amarah warga Desa Talang Duku, Kunangan, Tebat Patah, Kemingking Dalam, Kemingking Luar, Teluk Jambu, Dusun Mudo, Sekumbung, Rukam dan Manis Mato?

Baca juga: Aksi Blokade Jalan di Pelabuhan Talang Duku Muaro Jambi, 20 Perusahaan Lakukan Rapat Bersama

Kepala Desa Talang Duku, Muslim, mengatakan warga menagih janji perusahaan yang ada di sana. Warga pun melakukan aksi itu bukan atas kepentingan pribadi, melainkan sukarela untuk kepentingan bersama.

Lantas, jawabannya persoalan itu cukup sederhana.

Baca juga: Dua Hari Warga Talang Duku Blokir Jalan ke Pelabuhan, Tagih Janji Perusahaan

Baca juga: Tenangkan Warga yang Blokir Jalan, Pj Bupati Muaro Jambi Turun ke Talang Duku

Jangan sampai warga dirugikan. Musti ada solusi yang men jawab permasalahan warga, perusahaan dan pemerintah.

Para stakeholder musti bertindak dan berpikir kritis untuk menyelesaikan ini. Jangan sampai kemarahan warga semakin memuncak dan mengakibatkan hal yang kontraproduktif bagi berbagai pihak. Semoga masalah ini menemukan jalan keluar. (*)

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved