Berita Kerinci

Ratusan Warga Muara Emat Kerinci Unjuk Rasa Minta Kades Mundur

Ratusan warga desa Muara Emat, Kerinci unjuk rasa di kantor bupati Kerinci menuntut agar Kades Muara Emat diberhentikan, Rabu (14/9/2022).

Penulis: Herupitra | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
TRIBUNJAMBI.COM/HERUPITRA
Ratusan Warga Muara Emat Kerinci Unjuk Rasa Minta Kades Mundur 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Ratusan warga desa Muara Emat, Kerinci unjuk rasa di kantor bupati Kerinci menuntut agar Kades Muara Emat diberhentikan, Rabu (14/9/2022).

Dalam orasinya warga bersama BPD setempat mengaku tidak percaya lagi dengan Kades Muara Emat. Dengan membentangkan spanduk bertulis 'kepada bapak bupati untuk memberhentikan Jasman dari jabatan kepala desa Muara Emat".

Para pendemo dalam orasinya di depan Kantor Bupati Kerinci mengatakan, Kades tidak menyalurkan bantuan bagi warga. Selain itu pembangunan di desa juga tidak ada dalam beberapa tahun ini.

"Pengelolaan dana desa tidak transparan lagi, kami dakdo dapat bantuan. Pembangunan dakdo. Jadi kami minta bupati berhentikan Kades Jasman," kata salah seorang pendemo perempuan.

Ketua BPD Desa Muara Emat Syafrudin yang hadir saat demo mengatakan dirinya juga mendampingi warga menyampaikan mosi tidak percaya dengan kades. Dia mengatakan permintaan Kades agar berhenti itu memang dari warga setempat. Kata dia hampir 90 persen dari penduduk minta Kades diberhentikan.

"Ya masyarakat menyampaikan mosi tidak percaya lagi dengan Kades. Karena Kades selama ini juga tidak perduli dengan masyarakat. Kades banyak mementingkan pribadinya sendiri. Kami 7 orang BPD juga hadir. Bahkan sudah ada laporan kami soal ini ke inspektorat," ungkap ketua BPD Muara Emat.

Katanya kades tidak transparan bahkan dilaporan BPD ke inspektorat disebutkan juga bahwa BLT tahun 2021 tidak disalurkan Kades Muara Emat. BPD tidak menerima laporan pertanggungjawaban APBDes tahun 2020 dan 2021. Demikian juga dengan perencanaan anggaran dana desa tahun 2020 dan 2021 tidak melibatkan BPD dan masyarakat.

Dalam unjuk rasa tersebut warga dikawal ketat aparat kepolisian dan Satpol PP Kerinci. Selain itu para pendemo juga ditemui pemerintah daerah melalui Kepala Kesbangpol Kerinci dan unsur terkait.

Terpisah Kades Muara Emat, Jasman dikonfirmasi membantah tuduhan tersebut. Demikian juga dengan laporan ke inspektorat Kades mengaku belum mendapatkan laporannya.

"Maaf saya tidak diberi tembusan laporanyam. Yang saya tau mau cuma mau memberhentikan kades cuma itu," katanya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Dinas Kesehatan Tebo Catat Sudah Dua Orang Terserang DBD September 2022 Ini

Baca juga: Polres Tebo Tilang 4 Sepeda Motor Gegara Lansir BBM di SPBU KM 2

Baca juga: Profil BSSN dan Sosok Dibalik Cikal Bakal Badan Siber dan Sandi Negara

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved