Kenduri Swarnabhumi, Gubernur Jambi Resmi Dibuka Pameran Peradaban Melayu Jambi

Museum Siginjei Jambi  menggelar pameran Peradaban Melayu Jambi dalam rangka Kenduri Swarnabhumi. 

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Fitri
Gubernur Jambi Al Haris menghadiri pembukaan pameran Peradaban Melayu Jambi dalam rangka Kenduri Swarnabhumi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Museum Siginjei Jambi  menggelar pameran Peradaban Melayu Jambi dalam rangka Kenduri Swarnabhumi

Pameran berlangsung di Aula Museum Siginjei Jambi dari tanggal 10-28 September 2022. Pameran ini mengangkat tema Mengangkat Batang Terendam, Cintai Budaya Kita, Lestarikan Sungai Batanghari. 

Pembukaan pameran Peradaban Melayu Jambi dalam rangka Kenduri Swarnabhumi ini dihadiri Gubernur Jambi Al Haris beserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hesnidar Al Haris

Pamong Budaya Ahli Utama Kemendikbudristek RI Siswanto MA, Forkopimda dan lingkup OPD Provinsi Jambi, asisten dan staf ahli Sekda, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ketua LAM, organisasi kebudayaan, WARSI Jambi, dan tamu undangan lainnya. 

Ervin Aprianti, Kepala Museum Siginjei Jambi mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mempublikasikan pada masyarakat, anak-anak usia dini, pelajar dan mahasiswa Koleksi Museum Siginjei, koleksi  Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCB Jambi) dan koleksi peninggalan kebudayaan melayu Jambi.

Baca juga: Pj Bupati Sarolangun Dampingi Pihak Kementrian dan Provinsi, Tinjau Stand Budaya Kenduri Swarnabhumi

"Agar mereka mengerti bahwasanya budaya kita itu banyak sekali dan nilai-nilai budaya itu harus kita lestarikan mulai dari anak-anak usia dini, siswa hingga mahasiswa,"kata dia, Sabtu (10/9/2022). 

Untuk kegiatan ini pihaknya telah mempersiapkan koleksi-koleksi yang dimiliki Museum Siginjei Jambi, BPCB Jambi, WARSI, dan Kemendikbudristek. 

"Secara keseluruhan ada 97 koleksi dari berbagai disiplin ilmu, kitq juga memberikan kesempatan pada pelaku UMKM dan komunitas-komunitas ekonomi kreatif menggelar dagangannya pada kegiatan ini," ujar Ervin. 

Selain pameran juga ada kegiatan pendukung lainnya yakni seminar kajian koleksi, dialog budaya, belajar bersama, dan berbagai macam lomba. 

"Kita berharap kegiatan ini menjadi sarana apresiasi dan ajang promosi pelestarian serta perlindungan aset budaya dan sejarah peradaban melayu Jambi dalam rangka mendukung Kenduri Swarnabhumi dan tentunya kita berharap kegiatan ini sebagai wahana dan media pembelajaran bagi masyarakat luas terutama untuk para pelajar dan mahasiswa," sebut Ervin.

Baca juga: Warga Dusun Sarolangun Kampung Tengah Ikut Meriahkan Festival Kenduri Swarnabhumi

Kenduri Swarnabhumi merupakan upaya menghubungkan kembali, menyebarkan luas, dan memperkuat kebudayaan Melayu dengan berbagai kegiatan di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari. Rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabhumi dilakukan untuk mengembalikan kejayaan peradaban Sungai Batanghari. 

Pamong Budaya Ahli Utama Kemendikbudristek RI Siswanto MA menyampaikan Kenduri Swarnabhuni merupakan komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memajukan kebudayaan Indonesia khususnya di Jambi. 

Kegiatan pameran ini merupakan rangkaian dari Kenduri Swarnabhumi yang berlangsung sejak pertengahan Agustus sampai dengan Insya Allah akhir September, dilakukan secara gotong royong dengan 14 pemerintah daerah, akademisi, tokoh budaya, komunitas, dan warga," jelasnya.

Baca juga: Tim Kenduri Swarnabhumi Tiba di Batanghari, Bakhtiar Ceritakan Kejayaan di Pertigaan Tembesi

Ini merupakan komitmen gerakan bersama untuk memperkuat ekosistem kebudayaan berbasis kearifan lokal. 

"Kami mengucapkan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Jambi dan teman-teman dari Museum Siginjei Jambi serta semua rekan-rekan dari Kemendikbudristek yang membuat pameran ini sehingga dapat kita dan masyarakat nikmati terima kasih atas kehadiran peserta dan semoga ke depan kebudayaan Indonesia semakin erat, salam lestari," kata dia. 

Hal senada juga disampaikan oleh Gubernur Jambi Al Haris. Dia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pameran ini. 

"Ini berdampak luar biasa untuk Jambi, mari kita ikuti pameran ini dan ini semua langkah edukasi untuk anak-anak sekolah untuk mencintai budaya dan aset negeri Jambi yang luar biasa dan insya Allah warisan ini kelak akan menjadi ajang pengetahuan bagi para peneliti anak-anak negeri ini belajar, bagaimana Jambi ini kaya dengan segala macam aset dan budayanya," tutup Al Haris.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved