Berita Jambi

Di Depan Komisi XI DPR RI, Gubernur Jambi Jelaskan Kondisi Ekonomi Provinsi Jambi

GBubernur Jambi Al Haris menyampaikan kondisi ekonomi Provinsi Jambi kepada Komisi XI DPR RI

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Danang Noprianto
GBubernur Jambi Al Haris menyampaikan kondisi ekonomi Provinsi Jambi kepada Komisi XI DPR RI 

TRIBUNJAMBIM.COM, JAMBI - Dalam Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI di Provinsi Jambi, Gubernur Jambi menjelaskan beberapa aspek pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Provinsi Jambi, Jumat (9/9/2022).

Sebelum itu Gubernur Jambi Al Haris mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan dalam menyikapi kondisi ekonomi di Jambi khususnya inflasi.

Al Haris menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi kuartal II 2022 cukup baik berada di angka 5,41 persen.

Pertemuan dan hearing antara anggota Komisi XI DPR RI dan Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka mendengar upaya pengendalian inflasi dari Pemerintah Provinsi Jambi, Jumat (9/9/2022).
Pertemuan dan hearing antara anggota Komisi XI DPR RI dan Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka mendengar upaya pengendalian inflasi dari Pemerintah Provinsi Jambi, Jumat (9/9/2022). (Tribunjambi.com/Danang Noprianto)

"Laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi dari tahun ke tahun tahun positif dan membaik pada triwulan II yakni sebesar 5,41 persen, dan menjadi tertinggi se-Sumatera," ujarnya.

Selanjutnya Tingkat kemiskinan di Jambi selalu menurun, presentase penduduk miskin pada Maret 2022 sebesar 7,62 persen, turun 0,05 persen dibandingkan September 2021 yang sebesar 7,67 persen, turun 0,47 persen dibandingkan Maret 2021 yang sebesar 8,09 persen

"Walaupun secara rasio menurun, namun jumlahnya masih cukup tinggi orang miskin di Jambi, yakni 279,370 ribu jiwa, tapi tren nya cukup positif karena selalu turun," ungkapnya.

Baca juga: Warga Padang Menang Gugatan, Pemerintah Harus Bayar Utang Tahun 1950 Sebesar Rp62 Miliar

Baca juga: Fraksi PKS DPRD Provinsi Jambi Dukung PKS DPR RI Tolak Kenaikan BBM

Sementara itu tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) juga menurun menjadi 5,09 persen pada Agustus 2021 dibandingkan Agustus 2020 sebesar 5,13 persen, dan penurunan di Februari 2022 sebesar 4,70 persen.

"Pada tahun 2020 sampai dengan 2022 mengalami tren penurunan dan masih dibawah tren nasional," ujarnya.

Sementara Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Jambi membaik pada tahun 2021 dengan angka 71,63 masuk dalam kategori tinggi menurut standar UNDP.

Sementara nilai tukar petani (NTP) di Provinsi Jambi Januari-Agustus 2022 mengalami peningkatan sebesar 8,91 persen dibandingkan NTP Januari-Agustus 2021. (Tribunjambi.com/Danang Noprianto)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Warga Padang Menang Gugatan, Pemerintah Harus Bayar Utang Tahun 1950 Sebesar Rp62 Miliar

Baca juga: Fraksi PKS DPRD Provinsi Jambi Dukung PKS DPR RI Tolak Kenaikan BBM

Baca juga: Kunker Spesifik ke Jambi, Komisi XI DPR RI Minta Penjelasan Gubernur Soal Upaya Pengendalian Inflasi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved