Berita Batanghari

Rp 259 Miliar Digunakan Untuk Bangun 71.14 Kilometer Jalan di Kabupaten Batanghari

Pembangunan jalan itu tersebar dalam delapan kecamatan di Batanghari yang termasuk dalam SK 303 berstatus jalan kabupaten.

Penulis: A Musawira | Editor: Rahimin
Tribunjambi/Musawira
Zulkifli Kadis PUPR Batanghari. Rp 259 Miliar Digunakan Untuk Bangun 71.14 Kilometer Jalan di Kabupaten Batanghari 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten Batanghari menggelontorkan anggaran Rp259 miliar untuk pembangunan infrasturktur jalan sepanjang 71.14 kilometer.

Alokasi anggaran untuk pembangunan jalan di Batanghari itu bersumber dari tiga anggaran dengan rincian yaitu DAK sebesar Rp29 miliar, APBD Rp46 miliar dan pinjaman daerah sebesar Rp184 miliar.

Zulkifli Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Batanghari mengatakan, pembangunan jalan itu tersebar dalam delapan kecamatan di Batanghari yang termasuk dalam SK 303 berstatus jalan kabupaten.

“Perlu kita ketahui, 2 tahun ke belakang pemerintah tidak melakukan perbaikan jalan, karena tidak ada anggaran, dampaknya kondisi jalan mantap di Batanghari menurun,” katanya, Kamis (7/9/2022).

Menurut Zulkifli, persentasi kondisi jalan mantap di daerah ini sejak dihitung pada 2019 lalu diangka 36 persen dari panjang jalan 1.011 kilometer.

“Untuk mengejar itu, maka tahun ini akan dioptimalkan. Puluhan kilometer yang akan dibangun bisa mendongkrok kondisi jalan mantap di Batanghari,” ujarnya.

Melihat hal itu, pihaknya menargetkan kondisi jalan mantap pada 2022 nanti di atas 40 persen.

Adapun jenis pembangunannya berbagai macam meliputi pengerasan, rigid beton dan aspal.

“Kalau kita merujuk berdasarkan judul kegiatan yang ada di Dinas PUPR diantaranya rehabilitasi jalan, pembangunan jalan dan ada rekontruksi jalan,” ucapnya.

Ia mengakui, di antara proyek jalan tersebut pengerjaan jalan yang terpendek itu hanya 600 meter dan yang paling panjang pembangunannya di Jalan Desa Kilangan-Desa Pompa Air sepanjang 7.8 kilometer.

Berikut ini nama jalan yang dibangun bersumber dari APBD adalah Jalan Simpang Terusan-Pasar Terusan, Jalan Rangkayo Itam-SMA 6, Jalan Simpang Kemuning Panjang-Sungai Aur, Jalan Simpang PU-Dusun Tantan, Jalan Sungai Rumbai-Rambutan Masam, Jalan Simpang Pematang Gadung-Trans Suaka Mandiri (TSM), Jalan Sungai Buluh-SMP 21, Jalan Desa Napal Sisik-Desa Malapari, Jalan Desa Simpang Sungai Rengas-Desa Peninjauan, dan swakelola dan kharya bhakti.

Untuk pembangunan jalan yang didanai oleh DAK meliputi pembangunan Jalan Simpang Jambi-Ds Sungkai, Desa Terusan-Ujung Jabung dan Desa Sengkati Baru-Bukit Harapan.

Melalui pinjaman Daerah meliputi kegiatan pembangunan jalan di Desa Kilangan-Pompa Air, Jalan ness Sungai Buluh-Mekar Sari, Bukit Paku-Desa Terusan, Ladang Peris-Desa Sungkai, Pematang Gadung, Pompa Air-Desa Bungku, Desa Selat-Lubuk Ruso, Pulau Raman-Kaos, Kantor Camat Bajubang-Simpang Jambi, Kubu Kandang-Lubuk Ruso dan Sungai Ruan-Rantau Gedang.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Diserahkan Bupati Batanghari, Warga Muara Tembesi Terima Bantuan Bedah Rumah

Baca juga: Wajah Kabupaten Batanghari Bakal Berubah, Kadis PUPR: Ada Tiga Pembangunan di Tahun ini

Baca juga: Kades Beberkan Penyebab Jalan Mendalo-Bulian Kerap Banjir, Ivan Wirata: Ini Jelas Salah

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved