Berita Tebo

Kategori II Jadi Prioritas Perekrutan PPPK di Tebo, DPRD: Harus Transparan dan Akuntabel

Perekrutan PPPK akan dilakukan oleh Kabupaten Tebo Tahun 2022 ini. Katagori II akan jadi prioritas dari 172 Formasi khusus Tenaga Guru.

Penulis: Sopianto | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
KOMPAS.COM
Ilustrasi tes PPPK 

TRIBUNIJAMBI.COM, MUARATEBO - Perekrutan PPPK akan dilakukan oleh Kabupaten Tebo Tahun 2022 ini. Katagori II akan jadi prioritas dari 172 Formasi khusus Tenaga Guru.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan BKPSDM Tebo, Rumansya saat dikonfirmasi Kamis (8/9/2022).

Dirinya mengatakan bahwa untuk penerimaan PPPK Tahun 2022 ini dikhususkan tenaga guru terutama yang Katagori II dan telah masuk data DAPODIK.

"Jadi 172 formasi ini khusus tenaga guru, prioritas kita ada, yaitu yang Katagori II dan yang sudah masuk data DAPODIK," ujar Ruman.

Untuk pelaksanaannya sendiri kata Ruman, hingga saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari Menpan RB. Namun sistem perekrutannya nanti akan dilakukan dengan cara observasi.

"Kita masih menunggu petunjuk dari pusat terkait jadwal pelaksanaannya, kalau sistemnya, sesuai instruksi pusat, kita lakukan dengan sistem observasi atau kelapangan mengecek yang bersangkutan berkerja nya sudah berapa lama dan Pendidikannya linier atau tidak dengan tempat bekerja" terang Ruman.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Tebo, Syamsurizal saat dikonfirmasi terkait perekrutan PPPK, dirinya mengatakan bahwa perekrutan PPPK ini untuk mengakomodir para honorer yang sudah lama bekerja.

Untuk itu dengan sistem observasi ini, dirinya berharap nantinya yang direkrut memang layak dan pantas dan honorer yang masa kerjanya 10 hingga 15 tahun ke atas menjadi prioritas.

"Kita berharap nantinya pelaksanaan perekrutannya nanti dilakukan transparan dan akuntabel, supaya bisa mengakomodir tenaga honorer sesuai dengan masa kerja dan kemampuan," jelas Iday.

Saat ditanya jika nantinya pelaksanaan tidak transparan dan tidak akuntabel dimana yang memang berhak dan layak namun tidak diluluskan, Iday menegaskan jika nantinya terjadi hal yang sepeti itu, maka DPRD Tebo melalui Komisi I akan panggil pihak terkait dan akan diproses.

"Jika nanti ada hal yang sepeti itu, maka Kita akan panggil pihak terkait, untuk itu silakan teman-teman media juga ikut mengawasi pelaksanaannya, DPRD juga pasti akan mengawasi pelaksanaannya, agar yang lulus nantinya memang yang benar berhak dan layak," pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Komisi III DPRD Provinsi Jambi Laksanakan RDP dengan Beberapa Mitra Kerja

Baca juga: PMII Jambi Gelar Konkoorcab ke-IV, Ini Pesan Bupati Batanghari

Baca juga: Produksi Pertanian Berkurang, Petani Cabai Sampaikan Keluhan ke Kapolres Kerinci

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved